oleh

Mafia Tanah di Makassar Resmi Ditahan

Any Ramadhani-Hukum, Korupsi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sulsel, menyatakan lengkap berkas perkara dugaan pemalsuan akta otentik atau surat dari penyidik Subdit Harda Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulsel. Olehnya, Senin (6/9/2021), tersangka Mafia Tanah Ir G.J Hiensari resmi ditahan di Rutan Klas 1 Makassar.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Aidil.

“Benar, tersangka Mafia Tanah resmi ditahan di Rutan Klas 1 Makassar,” kata dia.

Dalam kasus tersebut, tersangka diduga telah sengaja memakai surat pernyataan pengalihan hak atas tanah yang terletak di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate.

Tersangka mengklaim lokasi tanah korban (pelapor) dengan menggunakan keterangan surat pengalihan yang diduga palsu. Dimana surat pengalihan hak itu sudah digunakan di tempat lain, kemudian digunakan lagi di lokasi pelapor.

Berbuatan tersangka itu, bukan hanya dilakukan di satu objek saja. Namun tersangka pernah juga melakukan hal serupa di Kabupaten Maros dan melawan pihak Kejari Maros. Sehingga tersangka sepatutnya ditahan.

Saat kasus itu bergulir tersangka Ir G.J Hiensari kalah melawan Kejari Maros. Akibat perbuatannya, tersangka yang diduga mafia tanah itu, dijerat pasal 266 ayat (2) dan atau pasal 263 dan atau pasal 167 KUHP. (*)