oleh

Manfaatkan Lokapasar untuk Kembangkan Usaha Kecil Menjadi Lebih Profesional

Any Ramadhani-Edukasi-

MUNA, BACAPESAN.COM – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital”

di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 9 September 2021 di Muna, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Sebanyak 777 peserta mengikuti kegiatan kali ini yang bertema “Bangkit dari Pandemi dengan Literasi Digital”.

Empat orang narasumber tampil dalam seminar ini, yakni Influencer Yoland Pratama S.H M.H;
Pelaku UMKM Sam Abda Paonganan; Jurnalis Sulistiawaty; dan Dosen Akuntansi FEB
Universitas Halu Oleo Fitriaman S.E M.SA Ak CSRS CSRA.

Sedangkan moderator yaitu Tristanya Dyah selaku Jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Selain itu, Wakil Bupati Kabupaten Muna Drs Bachrun M.Si juga tampil sebagai Keynote
Speaker.

Ia mengatakan, pihaknya mendukung penyelenggaraan webinar yang digelar oleh
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo terkait pemanfaatan teknologi digital untuk kebangkitan pelaku usaha.

Dia berharap, dengan peningkatan literasi digital, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayahnya akan mampu bangkit setelah mengalami kelesuan semenjak datangnya masa pandemi Covid-19.

Materi pertama dibawakan Yoland Pratama dengan tema “Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”. Menurut dia, marketplace atau lokapasar menjadi pilihan bagi UMKM untuk beralih dari bisnis konvensional menjadi digital.

Agar dapat bersaing, pelaku usaha mesti memperkuat literasinya, mampu memanfaatkan sejumlah platform yang tersedia, membuat konten yang menarik, serta bekerja sama dengan para influencer atau pemengaruh.
Selanjutnya, Sam Abda Paonganan menyampaikan paparan berjudul “Sosialisasi E-Market bagi Para Pelaku UMKM”.

Ia mengatakan, pelaku usaha kecil harus mampu mengoptimalkan lokapasar untuk pengembangan usahanya, mulai dari penamaan toko dan logo yang menarik hingga membuat profil sehingga tampak lebih profesional.

Selanjutnya, lakukanlah riset produk-produk
yang berpotensi laris dipasarkan di marketplace serta manfaatkan aplikasi media sosial seperti
Facebook, Instagram, dan TikTok untuk beriklan.

Pemateri ketiga Sulistiawaty membawakan tema “Mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”.

Menurut dia, sikap konsumtif merupakan perilaku hidup dan gaya hidup yang
berlebihan, dan akan menjadi masalah jika tidak didukung financial yang kuat. Ciri-cirinya,
berbelanja karena keinginan dan bukan kebutuhan, cenderung ikuti tren, dan tak mampu mengontrol diri ketika datang tawaran diskon yang menarik.

Untuk menghindari sifat itu, warganet perlu mendahulukan belanja produk yang menjadi prioritas sekaligus membuat daftar pengeluarannya.

Adapun Fitriaman, sebagai narasumber terakhir menyampaikan materi “Pilihan Investasi yang
Aman dan Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19”.

Ia mengatakan, secara umum proporsi penggunaan penghasilan yakni, sebesar 40% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk pembayaran
utang ataupun cicilan rumah dan kendaraan, 10 % untuk biaya sosial, serta sebanyak 20% untuk investasi.

Agar aman, alokasikan investasi pada berbagai instrumen serta lakukan monitor secara berkala.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Tristanya Diah. Para peserta tampak antusias dan mengirimkan banyak pertanyaan.

Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih. Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena
menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.
Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan
secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang dismpaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (*)