oleh

Taufan Pawe Dinobatkan Kepala Daerah Visioner

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Wali Kota Parepare Taufan Pawe, kembali mendapatkan penghargaan nasional.

Kini, Wali Kota Parepare dua periode itu dinobatkan menjadi pemimpin atau kepala daerah visioner dengan meraih penghargaan Best Overall di ajang Indonesia Visionary Leader 2021.

Best Overall adalah penghargaan tertinggi dari semua kategori di ajang yang diadakan oleh MNC Group, salah satu grup media terbesar nasional bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan diumumkan dan diserahkan pada Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader, sesi 7 dan 8 yang disiarkan secara langsung (live streaming) oleh MNC Group, Kamis, (9/9/2021) malam.

Tim Dewan Juri yang merupakan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Dr Akmal Malik mengapresiasi para kepala daerah peraih penghargaan Indonesia Visionary Leader, dan menyebut sebagai para pemimpin visioner.

“Dibutuhkan pemimpin hebat. Jadi teman-teman corporate hadir bersinergi dan membantu Pemerintah mencari pemimpin visioner dan memberikan reward untuk kepala daerah yang hebat,” ungkap Akmal Malik pada pada Malam Inagurasi.

Akmal mengemukakan, tema kegiatan Peran Visi di Tengah Pandemi Bersinergi dan Berkolaborasi untuk Bangsa, tepat di masa pandemi seperti saat ini. Dia juga mengapresiasi peran media dalam memonitor kinerja para pemimpin daerah dan bagaimana masyarakat bisa menilai pemimpin mereka.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo yang menjadi keynote speech mengingatkan, kepala daerah punya tanggung jawab mewujudkan janji kampanye Pilkada, mensukseskan program perekonomian nasional, mensukseskan program perencanaan pembangunan jangka pendek dan jangka menengah. Karena itu, kata dia, dibutuhkan pemimpin visioner yang punya pandangan jauh ke depan.

Pemimpin visioner itu harus berani ambil risiko untuk kepentingan kemaslahatan masyarakat banyak. Bangun relasi dengan berbagai pihak, jangan alergi sekelompok orang. Dan berpikir sistematis. Cepat mengambil keputusan, berani mengambil keputusan, berani mempercepat perizinan, dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ingat Tjahjo Kumolo memaknai pemimpin visioner.

Sementara Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam sambutan mengisahkan, bahwa di awal pandemi MNC Group sempat memberhentikan 100 sampai 200 karyawan. Namun dia melihat pandemi akan lama, dan bukan solusi untuk memberhentikan karyawan.

“Tapi pandemi ini menjadikan kita inovatif dan visioner. Kami membangun perusahaan-perusahaan digital, dan merekrut 2000 orang lebih,” kisah Hary Tanoe.

Karena motivasi itu, dia mengajak para kepala daerah untuk melakukan terobosan, tidak menyerah di masa pandemi. “Jadi role model hadapi pandemi dengan positive thinking. Indonesia besar kalau daerah-daerah maju. Karena kekuatan ekonomi Indonesia juga ada di daerah-daerah,” tegas Hary Tanoe.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengemukakan, gagasan menghadirkan Covid Centre yang akan direalisasikan tahun ini menjadi perhatian Tim Dewan Juri Indonesia Visionary Leader. Covid Centre adalah sebuah visioner menghadirkan pusat layanan pasien Covid-19 yang terkendali dan terintegrasi. Itu karena Covid-19 dalam perkembangannya dari waktu ke waktu memiliki varian-varian tertentu.

“Harus ada kemampuan dan keberanian kepala daerah untuk melahirkan kebijakan sekaligus langkah-langkah responsif dalam penanganan Covid-19. Saya melihat belum ada keilmuan yang berpendapat bahwa kapan Covid ini akan berakhir sehingga saya berpendapat penanganan Covid di Kota Parepare harus dilakukan secara visioner,” ulas Taufan Pawe (TP).

TP pun menegaskan, menghadirkan infrastruktur berupa Covid Centre di Parepare, merupakan terobosan penanganan Covid-19 jangka panjang.
(***)