oleh

LP2S UMI Gelar Pelatihan PEKERTI Angkatan XVI

Any Ramadhani-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) Angkatan XVI secara virtual yang berlangsung 13 hingga 21 September 2021.

Kegiatan pekerti ini diikuti oleh 85 peserta dosen dan dibuka oleh Rektor UMI diwakili Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM.

Dalam laporannya, Ketua LP2S UMI Dr. Ir. Abdul Rauf M.Si menjelaskan, PEKERTI angkatan XVI ini diikuti sebanyak 85 peserta dosen yang berasal dari 27 perguruan tinggi di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa lewat pembelajaran yang efektif dari seorang dosen. Manfaatnya, dosen akan mengetahui pengetahuan dasar instruksional, melaksanakan pelajaran secara efektif,” ungkap Abdul Rauf.

“Pesan yang saya ingin sampaikan ini, mohon dimanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk mendapat 3 kemampuan dasar yaitu Kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, Menyusun Proses Pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif ,” tutup Abdul Rauf.

Sementara itu Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM. dalam sambutannya, menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi mempunyai peran penting bahkan peran kunci dalam pembangunan sumberdaya manusia.

“27 Perguruan Tinggi termasuk Universitas Muslim Indonesia mencerminkan wujud komitmen sebuah perguruan tinggi yang memegang amanah sebagai Human Resource Development”, jelas Dr. Ir. Hanafi Ashad.

Mantan Dekan FT UMI 2 periode ini menambahkan bahwa berdasarkan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ditegaskan yang di maksud Guru/Dosen itu adalah pendidik profesional.

Dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi. Yang dilaksanakan secara profesional dengan memenuhi aspek legalitas formal dengan memenuhi sertifikasi.

Mewakili Pimpinan UMI, berharap seluruh peserta dapat memegang Surat Ijin Profesional sebagai Dosen, sehingga amanah dari perguruan tinggi untuk menjalankan tugas tridharma perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan baik. (*)