oleh

Fajar Gandeng Kesdam dan Kalla Group Gelar Vaksin Dosis II

Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Gebyar 75.000 Vaksin yang digelar Kalla Group memasuki tahap vaksinasi dosis dua.

Vaksinasi dosis kedua ini dipusatkan di dua titik, yakni di Universitas Fajar dan Mall Ratu Indah.

Di Universitas Fajar, vaksinasi hanya digelar satu hari pada Senin kemarin. Salah satu peserta yang ditemui, Muhammad Irgi Fahrezi (17) yang ditemui mengaku cukup antusias mengikuti vaksinasi ini. Siswa SMK Kartika ini membeberkan alasannya mengikuti vaksinasi.

“Untuk persiapan sekolah tatap muka nanti karena sudah lelah juga sekolah online hampir dua tahun ini. Selain itu juga untuk persiapan magang di salah satu perusahaan,” ucap Irgi.

Hal senada juga diungkapkan, Nurul Fiqrah (16). Siswi MAN 1 Makassar ini mengaku sudah jenuh melakukan pembelajaran daring dari rumah dan terbatas saat ingin bepergian mengunjungi tempat umum.

“Semoga setelah vaksin ini kondisi sudah lebih baik. Sekolah sudah bisa dibuka, tempat-tempat hiburan juga bisa didatangi lagi tanpa harus kita repot pakai masker, jaga jarak dan lain-lain,” urainya.

Ketua Panitia Vaksinasi Universitas Fajar, Harpan Jaya Sakti mengungkapkan, secara umum antusiasme peserta vaksinasi dosis dua kali ini agak rendah jika dibandingkan vaksinasi dosis pertama.

“Kalau saya perhatikan dari pelaksanaan sebelumnya, kecenderungan vaksin kedua itu lebih rendah dari vaksin pertama, mungkin karena mereka sudah vaksin di tempat lain, apalagi kegiatan ini kan sempat molor juga selama empat hari,” ungkap Harpan.

Padahal, lanjut dia, pihak penyelenggara menyiapkan 2.000 dosis vaksin untuk target 2.000 peserta. Sehingga, untuk mengejar target tersebut, pihaknya akhirnya membuka layanan untuk vaksinasi dosis pertama.

“Kita siapkan dua jenis vaksin, 1.500 jenis Sinovac dan 500 jenis AstraZeneca. Dosis satu untuk orang dewasa menggunakan AstraZeneca, sedangkan untuk anak-anak dan dewasa dosis dua itu pakai Sinovac,” bebernya.

Hingga kegiatan usai, total 956 orang tercatat mengikuti vaksinasi. Sebanyak 860 dosis vaksin Sinovac terpakai dan 96 dosis vaksin AstraZeneca.

Lebih jauh, Harpan tak menampik jika pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa untuk mendukung terciptanya herd immunity.

“Kalau misal nanti dituntut ada vaksin booster, kita akan coba jalin lagi kerja sama baik dengan Dinas Kesehatan dan Kesdam,” pungkasnya.

Sementara itu, berbeda dengan di Universitas Fajar, vaksinasi dosis dua di Mal Ratu Indah digelar selama 3 hari, sejak Senin kemarin hingga Rabu besok dengan target 5.000 peserta.

Pjs Center Manager Mal Ratu Indah, Uta Gobel menjelaskan, peserta vaksinasi kali ini diutamakan bagi mereka yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama di Bugis Water Park, GOR JK dan Mal Ratu Indah sendiri pada 16-17 Agustus lalu.

Kendati demikian, lanjut Uta, pihaknya juga membuka kesempatan bagi khalayak yang ingin mengikuti vaksinasi dosis pertama.

“Kita lihat keadaan sampai pukul 10 pagi, memang peminat vaksin kedua kurang. Jadi melalui izin pimpinan, saat ini sekarang kita sudah buka vaksin pertama untuk mengejar target yang tadi,” ungkapnya.

“Jadi yang mau vaksin pertama, vaksin kedua, kita terima. Khusus vaksin kedua kita terima asal vaksinnya Sinovac dan sudah jadwalnya untuk vaksin kedua,” tambahnya. (*)