oleh

Takalar Raih Penghargaan APE 2020

Any Ramadhani and Supahrin-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Bupati Takalar H. Syamsari menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Madya dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penyerahan ini disaksikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Takalar, Pj. Sekda Takalar, para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Takalar serta para Camat se-Takalar, di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar, Senin (27/09/2021).

Syamsari menyampaikan bahwa sebuah kebahagiaan bagi kita masyarakat Takalar karena hari ini kita meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Madya.

“Kita patut berbangga karena Kabupaten Takalar langsung loncat dua kategori yakni penghargaan kategori Madya, ini merupakan permulaan yang baik dan harus terus ditingkatkan. Saya imbau kepada para camat untuk terus berkoordinasi dengan para Kepala Desa/Lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan dan tetap mempertahankan Kabupaten Takalar bebas Open Defecation Free (ODF) sehingga Kabupaten Sehat tetap dipertahankan,” jelas Syamsari

Penghargaan ini adalah wujud dari sebuah tingkat peradaban kita terutama penghormatan terhadap hak-hak perempuan dan perlindungan anak pada negara berkembang dengan menyediakan fasilitas untuk perempuan dan anak seperti toilet dan tempat duduk untuk ibu hamil.

Syamsari menyampaikan untuk mempertahankan peringkat tersebut agar kedepan dibuat sistemnya dengan melakukan pertemuan tiga bulan sekali dalam mengevaluasi perjalanan dari forum kabupaten sehat dengan OPD yang terlibat didalamnya serta bekerjasama dengan beberapa komponen seperti swasta dan perguruan tinggi dalam pengelolaan sampah dan DLHP serta peran para camat melakukan kampanye hidup bersih kepada masyarakat.

Sementara itu Ketua Pokja APE 2020 Kepala Bapelitbanda Kabupaten Takalar Drs. Rahmansyah Lantara, dalam laporannya menyampaikan bahwa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari tujuh komponen kunci yakni komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat. (*)