oleh

Komisaris RSIA Ananda Sukses Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan Islam

Any Ramadhani and Hikmah-Edukasi, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wakil Sekertaris Yayasan Al Gazali Makassar sekaligus Komisaris RSIA Ananda dan PT Ananda Nurul Haromain, H Mulyadi Iskandar Idy berhasil meraih gelar Doktornya di Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Selain menjadi bagian dari RSIA Ananda dan PT Ananda Nurul Haromain, Mulyadi juga menjabat sebagai Kasi pelayanan pondok pesantren pada masyarakat, kasi sistem informasi PD pontren, kasi kelembagaan dan sim bidang pendidikan madrasah, kepala bidang PD Pontren Organisasi, wakil ketua PCNU kota makassar serta wakil sekertaris PWNU sulsel.

Pada disertasinya, Mulyadi Menyusun penelitian berjudul ‘Pengaruh Komitmen Kerja, Budaya Kerja Islam dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavorial (OCB) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H Mulyadi berhasil menyelesaikan studinya di bidang Doktor Manajemen Pendidikan Islam.

Pada sidang tersebut, pria kelahiran Soppeng 14 Desember 1976 ini disidang langsung oleh Rektor UMI, Prof Basri Modding yang bertindak sebagai Ketua Sidang dengan enam penguji yang terdiri dari Prof. Dr Jeni Kamase, Dr Hasibuddin Mahmud, Dr Ahmad Hakim, Dr. Akhmad Syahid, Prof Dr Bahaking Rama, dan Dr. Haeruddin.

Hasil dari disertasi tersebut menunjukkan tingkat kepuasan tinggi terhadap komitmen kerja, budaya kerja Islami dan kepuasan kerja di Kanwil Kemenag Sulsel. Ini dipengaruhi pula oleh OCB yang berperang positif secara tidak langsung.

“OCB adalah sebuah kerelaan mengerjakan tugas melebihi tugas pokoknya atau kerelaan mengerjakan tugas di luar tugas, Ikhlas Beramal walaupun sebagian berpendapat OCB bisa juga di artikan kepedulian sosial,” ujar Mulyadi. (*)