oleh

Banjir Susulan Terjang Walmas, Rumah Warga Ikut Terseret Arus

Any Ramadhani-Headline, Luwu-

LUWU, BACAPESAN.COM – Sejumlah desa di wilayah Walenrang-Lamasi (Walmas), Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, kembali diterjang banjir bandang, Minggu, 3 Oktober 2021. Banjir bandang juga telah menerjang wilayah itu, dua pekan lalu, Rabu 22 September 2021, malam.

Banjir kali ini juga dikabarkan sejumlah rumah terbawa air. Dilaporkan beberapa desa terdampak, hingga rumah warga hilang. Hingga kini, belum data resmi dari pihak terkait.

Diantara rumah terseret longsor adalah rumah Kepala Desa (Kades) Ilanbatu. Bahkan dikabarkan Kades dan keluarganya sempat hilang, namun belakangan beredar kabar, jika mereka telah ditemukan dengan selamat.

Wakil Ketua Wahana Muda Indonesia (WMI) Kota Palopo, Awal, yang tengah berada di lokasi bencana saat dihubungi, mengatakan, kejadiannya sekira pukul 17.00 wita. Sejumlah rumah warga terbawa air, termasuk rumah Kepala Desa Ilanbatu.
Awal menjelaskan, kondisi saat ini belum bisa diidentifikasi.

Keberadaan warga, khususnya di Desa Ilan Batu dan Desa Simbuang, belum bisa diketahui pasti hingga saat ini.

Sebab kondisi debit air di sungai cukup besar, tinggi air tersisa kurang lebih 1 meter di bawah jembatan. Banyak dari mereka mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Kemudian curah hujan yang sangat deras dan material kayu tampak banyak terbawa air,” jelasnya.

Luapan air dari hulu sungai Batusitanduk juga membuat warga yang ada di bantaran sungai was-was. Video dan foto-foto kondisi banjir Walmas juga banyak beredar di media sosial.

Hingga berita ini diterbitkan, kondisi di lokasi masih hujan. Hanya saja, intensitasnya sudah berkurang. Sementara itu tim BPBD Luwu telah di instruksikan menuju lokasi bencana malam ini. Bahkan beberapa unit mobil bencana telah meluncur ke arah Walenrang.

Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto melalui Kapolsek Walenrang AKP Samuji mengatakan bahwa akibat curah hujan yang sangat tinggi dan cuaca extrim mengakibatkan banjir dan longsor di wilayah Walenrang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan dengan tim dari Dinas BPBD untuk pendataan warga yang terdampak agar segera diberikan bantuan,” ujar Samuji.

Samuji melanjutkan bahwa Personil Polsek Walenrang dan Sat Lantas Polres Luwu sudah turun lapangan untuk membantu warga yang terdampak dan mengatur arus lalu lintas.

“Serta memantau kondisi jembatan sungai Lamasi yang menghubungkan jalan trans Sulawesi,” tutup Samuji. (*)