oleh

Kementan Klaim Stok Jagung Nasional Aman

Any Ramadhani-Ekobis, Nasional-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi memastikan, bahwa sejumlah gudang stok jagung hasil panen raya di seluruh Indonesia dalam kondisi aman dan terkendali.

“Khusus jagung, Kementan sudah melakukan penguatan dengan menyediakan benih yang cukup, pupuk yang cukup dan tata kelola usaha yang baik agar produksinya tetap berjalan,” kata Harvick, Senin (4/10/2021).

Harvick menyebut, bahwa panen jagung yang berlangsung saat ini terjadi hampir di semua daerah sentra. Terutama di pulau Jawa seperti Garut, Tangerang, Grobogan, Lampung, Gorontalo dan Kabupaten lain di wilayah Jawa Timur dan Pulau Sulawesi.

“Catatan kami sampai Minggu ke 4 September 2021 ada sekitar 2,75 juta ton jagung pakan ternak yang tersebar di gudang GMP, pedagang besar dan masyarakat,” sebutnya.

Terkait pendistribusian, lanjut Harvick, pihaknya akan melakukan pengiriman pada wilayah-wilayah yang mengalami defisit. Sedangkan wilayah surplus akan tetap dipertahankan untuk kebutuhan stok.

“Pengaturan distribusi ini tidak dapat ditangani sendiri yang sangat konsentrasi untuk menjaga produksi sektor ini membutuhkan tangan pihak lain baik kementerian, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten hingga peran swasta nasional,” pungkasnya. (int/*)