oleh

Sidang Promosi Doktor, Muh Nasir Raih Predikat Sangat Memuaskan

Any Ramadhani-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dosen Universitas Ichsan Gorontalo, Muh Nasir resmi menyandang gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Muslim Indonesia dengan predikat sangat memuaskan.

Nasir mempertahankan disertasinya yang berjudul “Hakikat Status Kepemilikan Hak Atas Tanah Terhadap Masyarakat Suku Bajo di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo” di hadapan penguji, Selasa (5/10/2021).

“Majelis penguji sepakat bahwa Saudara dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar doktor,” ucap Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Moding, SE., M.Si., yang juga bertindak selaku pimpinan sidang.

Nasir berharap, penelitian yang Ia lakukan dapat memberikan kontribusi untuk menjelaskan dan menganalisis serta menemukan hakikat status kepemilikan hak atas atas tanah terhadap masyarakat Suku Bajo yang tinggal di atas laut.

Selain itu, juga diharapkan dapat menjadi masukan kepada pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan kepastian hukum mengenai status kepemilikan hak atas tanah bagi masyarakat Suku Bajo agar setara dengan hak-hak masyarakat yang ada di darat sebagai warga negara.

“Karena masyarakat Suku Bajo itu seakan-akan ada diskriminasi hukum terhadap mereka, karena sampai saat ini belum mendapat kepastian hak atas tanah,” ujarnya.

Pria kelahiran 16 April 1966 ini mengaku bersyukur berhasil merengkuh gelar doktor berkat kerja keras dan dukungan dari keluarga besar, kerabat, dan masyarakat Suku Bajo selama dirinya melakukan penelitian 6 bulan lamanya.

“Terima kasih kepada seluruh civitas akademika Pascasarjana UMI, seluruh keluarga besar atas support-nya. Alhamdulillah, tidak ada kendala menghadapi Suku Bajo. Mereka justru menyambut baik dan menginginkan suatu keadilan bagi mereka,” pungkas Nasir.

Muh. Nasir tercatat sebagai Alumni Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Muslim Indonesia yang ke-289.

Prof. Dr. H. Syahruddin Nawi, SH,. MH selaku promotor menyampaikan kekagumannya kepada mantan Sekretaris Prodi Ilmu Hukum Universitas Ichsan Gorontalo ini.

“Spiritnya luar biasa. Hampir setiap saat naik pesawat dari Gorontalo ke Makassar, akhirnya berhasil menyusun sebuah disertasi yang bagi saya sangat urgen sekali karena menyangkut kaum marjinal, kaum yang dikategorikan sebagai kaum akar rumput,” jelas Syahruddin.

Hadir dalam promosi ini sebagai penguji, yakni:
Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH., MH
Prof. Dr. Hj. Mulyati Pawennei, SH., MH
Dr. Abdul Agis, SH., MH, Prof Dr. H. Aminuddin Salle, SH., MH (penguji eksternal) Prof Dr. Ir Andi Aladin, MT., IPM (penguji lintas disiplin ilmu).

Sementara Promotor yakni Prof. Dr. H. Syahruddin Nawi, SH., MH., dan Ko-Promotor Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidah, SH., MH dan Dr. Ilham abbas SH., MH. (*)