oleh

Gerindra Sulsel Ganti Lima Ketua DPC

Any Ramadhani-Partai, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jelang pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sulsel mengganti lima Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten/Kota.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengurus secara seremonial kepada ketua-ketua baru di Hotel Four Points By Sheraton Jalan Andi Jemma, Makassar, Kamis (7/10).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel itu menuturkan, kelima Ketua DPC yang dicopot mendapat amanah untuk mengisi struktur DPD Gerindra Sulsel.

Politisi asal Gowa itu mengaku, pencopotan dilakukan untuk melakukan penyegaran organisasi, dan pergantian Ketua DPC atas keputusan Dewan Pimpinan Pusat DPP.

“Posisi mereka diganti dengan kader yang dianggap potensi menguatkan basis di daerahnya masing-masing, kita mau maksimalkan struktur dan kinerja partai. Penyegaran organisasi, mengingat mereka kita butuhkan untuk di DPD, membantu kerja politik Gerindra Sulsel agar apa yang menjadi target kami bisa tercapai di Pemilu 2024,” ungkap Darmawangsyah.

Oleh karena itu, Wawan-sapaan akrab Darmawangsyah Muin menugaskan kepada kelima ketua baru itu untuk meningkatkan elektoral partai bentukan Prabowo Subianto di daerah masing-masing.

“Yang meraih kursi wakil ketua DPRD harus merebut kursi Ketua DPRD pada pemilu 2024. Yang belum meraih kursi pimpinan, maka harus merebut kursi unsur pimpinan,” kata Wawan di hadapan ketua-ketua baru.

Selain itu, Wawan menargetkan Partai Gerindra menang pemilihan legislatif (Pileg) tingkat provinsi di Sulsel.

Dalam dua kali pemilu legislatif di Sulsel, Gerindra selalu menempati tiga besar dengan capaian 11 kursi parlemen. 2014, Gerindra di bawah Golkar 18 kursi, dan Demokrat 11 kursi. 2019, Gerindra di bawah Golkar 13 kursi dan Nasdem 12 kursi.

“Gerindra ingin merebut kursi Ketua DPRD Sulsel dari partai Golkar. Tunggu kejutan dari Gerindra. Kami mau jadi pemenang pemilu 2024,” tuturnya.

Wabup Tator Bergabung

Wakil Bupati (Wabup) Tana Toraja (Tator), Zadrak Tombeg secara resmi menjadi kader Partai Gerindra.

“Untuk penguatan struktur ada beberapa tokoh bergabung di Gerindra, diantanya Wabup Tator, Zadrak Tombeg,” ungkap Wawan.
Ia mengaku, Zadrak Tombeg akan menambah kekuatan Gerindra dari unsur kepala dan wakil kepala daerah.

Selain itu, menurut Wawan, kehadiran Zadrak Tombeg diharapkan mampu meningkatkan elektoral Gerindra di wilayah utara Sulsel. “Selama ini wilayah Utara Sulsel adalah lumbung Golkar,” tegasnya.

Wawan menyatakan, Zadrak Tombeg dipercayakan sebagai Dewan Penasehat DPC Gerindra Tana Toraja.

“Gerindra adalah partai pengusung pasangan Theofilus Allorerung-dr Zadrak Tombeg. Koalisi Gerindra, Demokrat, PKPI berhasil menumbangkan petahan murni Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara,” kata Wawan.

Sekedart informasin, Zadrak Tombeg menambah deretan kepala dan wakil kepala daerah Gerindra. Sebelumnya Gerindra memiliki tiga kader yang menjabat kepala daerah. Mereka adalah Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Bupati Sidrap Dolla Mando, dan Bupati Bukukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Nama lain yang ramai disebut-sebut akan bergabung, yakni Wakil Bupati Toraja Utara (Torut) Frederik Victor (Dedy) Palimbong. (*)