oleh

PT Vale Gandeng Kemendes PDTT, Pemprov Sulsel dan Pemkab Lutim Mandirikan Desa Tertinggal

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Vale Tbk menggelar penandatanganan Kesepakatan dan perjanjian Kerja bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemprov Sulsel dan Pemkab Luwu Timur.

Penandatanganan Kesepakatan tersebut dimaksudkan untuk membangun puluhan desa Tertinggal di Kabupaten Luwu.

“Di 2018 kita berfokus pada program pembangunan desa mandiri. Saat ini kami beralih ke level yang lebih strategis dengan harapan tercapainya pembangunan desa, dimana ada 38 desa dari dua kelurahan yang di kelompokkan menjadi 10 kawasan mandiri,” ujar CEO sekaligus Presiden Director PT Vale Tbk. Febriani Eddi dalam sambutannya di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Jumat (8/10).

Lebih jauh, kerjasama tersebut berfokus pada tiga pengembangan yakni pengembangan UMKM atau produk unggulan desa, pertanian dan pemberdayaan perempuan.

Sejalan dengan itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengapresiasi kerjasama tersebut.

“Apa yang dilakukan PT Vale hari ini akan dijadikan percontohan di daerah lainnya. Karena memang pemanfaatan desa merupakan cara baik untuk memajukan negeri,” ujar Halim.

Halim mengungkapkan, sebelumnya Presiden telah memprogramkan penghapusan kemiskinan estrim. Menjawab tantangan tersebut, Kementrian Desa menyatakan siap asal pendekatan yang digunakan adalah pendekatan level desa.

“Ketika anggaran betul betul digunakan maka saya yakin kemiskinan dapat dihilangkan. Targetnya dan kuncinya adalah peningkatan ekonomi dan SDM,” tambahnya.

Sementara itu, hadirnya program ini di harapkan Bupati Luwu TimurTimur, H Budiman dapat memandirikan desa.

“Kami berharap program tersebut dapat memandirikan desa,” tutupnya. (*)