oleh

Pemkot Parepare Gelar Orientasi Peningkatan Kesertaan Penggunaan MKKP

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP&KB) menggelar Orientasi Peningkatan Kesertaan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang MKJP Bagi Peserta KB Dan Calon Peserta KB Tingkat Kota Parepare Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas PP & KB Hj Halwatia, dengan menghadirkan Pemateri dari Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Parepare, Kurnia Basra, dan Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Parepare, Kasna di Aula Kantor Dinas PP & KB, Kamis (14/10/2021).

Halwatia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan wajib dilaksanakan oleh Dinas PP dan KB untuk meningkatkan pelayanan KB terkait peserta KB Jangka panjang dalam hal ini Vasektomi yang memang belum memenuhi target.

“hal yang paling kita utamakan adalah bagaimana meningkatkan pelayanan KB dan bagaimana kita bisa meningkatkan peserta KB dalam hal ini peserta KB jangka panjangnya memang belum memenuhi target yakni pemasangan Vasektomi bagi laki-laki. Itu kami baru dapatkan 9 orang sedangkan kami punya target 40 orang untuk tahun 2021 ini.

Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa untuk capaian peserta KB jangka panjang lainnya seperti, Spiral, Implan dan Pil, telah melebihi target di atas 100 persen. Hanya saja kata dia, untuk vasektomi pihaknya saat ini melakukan upaya untuk mencapai paling tidak 50 persen.

“Kalau jangka panjang sistem yang lain seperi KB, Spiral, Implan itu alhamdulillah kita sudah mencapai lebih 100 persen, kondisinya sudah diatas 103 persen , jadi sudah berhasil kalau jangka panjang yang lain, cumavasektomi belum. Insya Allah kami berupaya dengan adanya pelatihan ini kami bisa mencapai paling tidak di atas 50 persen untuk KB Vasektomi bagi laki-laki,” pungkasnya.
(***)