oleh

Sambut HUT ke-76, Brimob Parepare Gelar Tradisi Pengambilan Air Suci di Perbatasan Luwu – Wajo

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Sambut HUT Korps Brimob Polri Ke-76, Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Sapari, menjemput, menerima Air Suci Bubung Datu, dari Danyon D Pelopor Kompol Muhammad Agus, bertempat di perbatasan Kabupaten Luwu – Kabupaten Wajo, Rabu (13/10/2021).

Air suci bubung datu di bawa dan dikawal oleh personel Batalyon B Pelopor Satbrimobda Sulsel dari perbatasan Kabupaten Luwu – Kabupaten Wajo, menuju ke perbatasan Kabupaten Wajo – Kabupaten Bone, melalui rute Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, Tarumpakkae Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, sampai Kota Sengkang.

Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel, Kompol Sapari mengatakan, pengawalan air suci ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Korps Brimob Polri ke-76 yang tepatnya jatuh pada tanggal 14 November 2021.

“Pengambilang dan pengawalan air suci dari bubung Datu kaki gunung tiro manda ini, untuk menjaga tradisi adat istiadat dan budaya suatu daerah tempat kami bertugas,” ucap Sapari.

Sapari menambahkan, pengambilan air suci dilaksanakan dari Batalyon D Pelopor dilanjutkan ke rute Luwu – Siwa yang diterima oleh personel Batalyon B, kemudian melanjutkannya ke Batalyon C dengan melalui rute Siwa-Soppeng oleh personel Batalyon C, kembali melanjutkannya ke Batalyon A dengan melalui rute Soppeng – Camba Maros.

“Pembawa air suci akan melanjutkan estafet ke Batalyon A dengan rute Camba Maros – Makassar dan Gegana Rute Makassar – Makosat, terakhir diterima di Markas Komando satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan,” ujar Kompol Sapari

Sekitar pukul 20.00 Wita, Air suci bubung Datu tiba di Tugu Bambu Batas Wajo-Bone Kelurahan Pompanua Kecamatan Adjalange Kabupaten Bone dan dilakukan serah terima air suci bubung Datu dari Danyon B Pelopor Kompol Sapari kepada Danyon C Pelopor Kompol Nur Ichsan, selanjutnya dibawa dan dikawal oleh personel Batalyon C Pelopor Satbrimobda Sulsel.
(***)