oleh

Simulasi Meternal dan Neonatal Digelar di RSUD Andi Makkasau

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, Manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare, gelar pelatihan simulasi kegawatdaruratan maternal dan neonatal, jumat (15/10/2021). Kegiatan itu merupakan rangkaian pelatihan terpadu prognas 2021 digelar selama tiga hari.

Dokter IGD RS Andi Makkasau, dr Hendra mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta pelatihan yang terdiri dari, perawat dan bidan, analis laboratorium serta farmasi, terkait penanganan kedaruratan yang mengancam jiwa secara umum pada ibu dan bayi.

Dokter Hendra menguraikan, kegawatdaruratan neonatal merupakan kondisi medis yang mengancam jiwa yang terjadi pada bayi baru lahir. Contoh kasus kegawatdaruratan maternal diantaranya pendarahan, serta darah tinggi pada kehamilan.

Sedangkan kasus kegawatdaruratan neonatal lanjut dokter hendra, meliputi bayi lahir sesak, tidak menangis saat lahir dan berat badan bayi rendah.

Dokter Hendra yang juga merupakan ketua panitia pada kegiatan simulasi itu mengemukakan, apabila suatu waktu menemukan kasus yang mengancam keselamatan pada ibu dan bayi, maka akan dapat segera diantisipasi.

“Hal ini juga, tentunya untuk meningkatkan lagi pelayanan terhadap pasien di RSUD Andi Makkasau,” tutupnya
(***)