oleh

Wawali Kota Parepare Apresiasi DPPKB Libatkan Remaja Jadi Pelopor Pembangunan Keluarga

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengapresiasi DPPKB yang menggelar Orientasi Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) bagi Remaja untuk mendorong jadi pelopor pembangunan keluarga.

Menurutnya, kegiatan ini selaras dengan visi Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare yang tengah mewujudkan Parepare sebagai kota maju, mandiri, dan berkarakter.

“Visi tersebut salah satunya diwujudkan dengan cara membangun kualitas SDMnya, khususnya remaja sebagai generasi penerus bangsa,” ucap Pangerang.

Diketahui, Orientasi Indeks Pembangunan Keluarga bagi Remaja oleh DPPKB Parepare ini berlangsung di Ruang Meeting, Hotel Pare Beach, Parepare. Jumat, 15/10/2021 lalu.

Orientasi itu diikuti oleh Forum Genre Kota Parepare dan sejumlah organisasi pemuda dengan narasumber oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, H. Abdul Gaffar, S.Ag.,MA dan perwakilan DP3A, Dr. Anti.

Kepala Dinas DPPKB Kota Parepare, Halwatiah pada waktu itu mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada remaja tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan perencanaan jenjang pendidikan, berkarier dalam pekerjaan, sampai menikah sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Menurut Halwatiah, ada tiga hal yang perlu diketahui oleh remaja. Ketiga hal itu adalah seks pranikah, pernikahan dini, dan narkoba. Ia menegaskan agar seseorang tak melakukan seks pranikah karena memiliki banyak risiko, seperti terpapar HIV atau penyakit seksual lainnya.

“Sementara pernikahan dini harus dihindari karena dapat berdampak pada kesehatan reproduksi. Selain itu, banyak hal lain yang harus dipersiapkan, seperti mental dan finansial, serta menyamakan visi dan misi,” ucapnya.

“Tujuannya, agar kelak remaja bisa melewati lima transisi kehidupan dengan baik. Transisi tersebut meliputi yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, dan mempraktekkan hidup sehat,” ungkapnya.
(***)