oleh

Lelang Jabatan Diminta Transparan

Any Ramadhani-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan pihaknya sudah siap melakukan lelang jabatan eselon II. Persiapan sudah dilakukan, termasuk izin dan penunjukan panitia seleksi.

“Pansel sudah ada. Khusus SKPD berkaitan pendapatan, panselnya lain, SKPD berkaitan pelayanan juga lain. Yang dilibatkan ada Unhas sebagai lembaga asesmen, ada juga dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan,” kata Danny, Minggu (17/10).

Terpisah, Pengamat pemerintahan, Bastian Lubis mengatakan, proses perekrutan aparatur dan perangkat negara harus dilakukan dengan selektif, jelas, dan transparan. Menurut dia, lelang jabatan menjadi salah satu cara untuk menekan potensi korupsi, kolusi, dan nepotisme untuk memperoleh sumber daya manusia yang berintegritas dan memadai.

Bastian mengatakan, bila Pemkot ingin benar-benar konsisten terhadap kualitas eselon II yang ingin dipilih, panitia seleksi hendaknya melakukan penelusuran rekam jejak peserta lelang.

“Di rekam jejak itu harusnya sudah kelihatan orang itu seperti apa. Dulu kerja apa saja, dan temuannya apa. Jadi kalau mau benar konsisten terhadap kualitas eselon II yang mau dipilih, benar-benar dicari rekam jejaknya,” beber Bastian.

Menurut dia, secara kompetensi peserta lelang juga harus memiliki satu jalur yang sama dengan jabatan yang dipilih dan mampu dengan jelas memaparkan visi misi ke depannya.

Bastian mengingatkan agar proses lelang jabatan tidak sebatas formalitas belaka akibat adanya intervensi dan subjektivitas kepala daerah dalam menentukan calon pejabat. Kepala daerah harus memilih pejabat berdasarkan kebutuhan, bukan faktor kedekatan personal. (*)