oleh

Kemenkumham Sulsel Dorong Percepatan Vaksinasi

Any Ramadhani-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) berkomitmen mendukung program pemerintah tentang percepatan vaksinasi.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan, berdasarkan data, vaksinasi untuk warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se Sulsel sudah mencapai 96 persen lebih.

“Ini kita dukung vaksinasi. Usaha kita itu semua Forkopimda saya komunikasikan utamanya ketersediaan vaksin. Alhamdulillah mereka banyak membantu,” ujar Harun Sulianto saat menerima audiens manajemen Harian Rakyat Sulsel di Kantor Kanwil Kemenkumham Sulsel, Senin (18/10).

Ia mengaku sebanyak 22 Lapas/Rutan vaksinasinya sudah di atas 90 Persen. Dua diantaranya sudah 100 Persen yakni Rutan Enrekang dan Pinrang.

Data yang dihimpun per tanggal 16 Oktober 2021 jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari 24 Lapas/Rutan di Sulsel sebanyak 10.454 orang, sudah divaksin dosis pertama sebanyak 1.740 orang dan 8.310 orang sudah di vaksin lengkap (dosis pertama dan kedua).

Sedangkan WBP yang belum di vaksin sama sekali sebanyak 404 orang, dan sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait agar dapat segera di vaksin.

“Pada saat vaksinasi ada beberapa WBP yang tidak memenuhi syarat untuk di vaksin karena alasan kesehatan dan saat ini dalam perawatan dokter dan paramedis Lapas /Rutan. Harapan kami setelah mereka sembuh dapat segera di vaksin “ kata kakanwil Harun.

Pria asal Bali ini, mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan seluruh jajaran agar tetap melakukan prokes ketat dengan memakai masker, menjaga jarak, mencegah kerumunan, meningkatkan imunitas dan menjaga pola hidup sehat.

Pada kesempatan itu, manajemen Harian Rakyat Sulsel yang hadir, yakni Direktur Utama (Dirut) Faisal Palapa, Direktur Daswar M Rewo dan Redaktur Online Armansyah.

Pertemuan ini, Kanwil Kemenkumham dan Harian Rakyat Sulsel menjajaki kerjasama untuk tahun 2022 mendatang. Audiens yang dilaksanakan dinilai penting karena poinnya tentang penguatan sinergitas lembaga dengan media.

“Alhamdulillah, kami dari Kemenkumham berterima kasih atau pertemuan ini. Semoga pertemuan hari ini bisa mewujudkan sinergitas di tahun depan,” ucap Harun.

Sementara Direktur Utama (Dirut) Harian Rakyat Sulsel Faisal Palapa menyampaikan, pertemuan dengan Kanwil Kemenkumham awal dari penguatan kerjasama institusi dan media sebagai mitra publikasi.

“Kita harap semua yang dibahas dalam pertemuan tadi terkait kerjasama bisa terwujud,” jelas Faisal Palapa. (*)