oleh

Royal Wedding Fair 2021 Diharapkan Jadi Momentum Bangkitkan Event Lokal

Any Ramadhani-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Event pameran pernikahan Royal Wedding Fair (RWF) 2021 kembali digelar di Upperhills Convention Hall Makassar.

Penyelenggara event, iPro Management menggelar event tahunan ini selama 4 hari, dari tanggal 21 hingga 24 Oktober 2021.

Royal Wedding Fair merupakan acara tahunan Upperhills Convention Hall yang bertujuan menggairahkan kembali animo masyarakat menggelar hajatan khususnya pernikahan.

Acara ini resmi dibuka oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muh Roem.

Dalam sambutannya, Indira mengatakan, RWF hadir menjadi salah satu solusi bagi calon pengantin dalam mewujudkan pernikahan impiannya.

“Tentunya akan menjadi masukan buat calon-calon pengantin yang akan mengadakan acara, mereka akan terinspirasi dengan adanya Royal Wedding ini,” katanya.

Ipro Management
Sementara itu, Owner sekaligus founder iPro Management, Irma Aryani mengatakan, RWF bertujuan untuk menggairahkan kembali event pernikahan yang sempat tiarap akibat pandemi. Mulai dari wedding organizer (WO), dekorasi, baju pengantin, hingga fotografer, semua tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan.

“One stop shopping-lah bagi perencana pernikahan karena semuanya sudah ada di sini. Bahkan ada juga paket bundling yang tentu jauh lebih hemat,” bebernya.

Irma melanjutkan, tema yang diusung RWF 2021 kali ini adalah ekstravaganza. Tema ini dipilih karena melihat segmen pasar yang dominan ingin memadukan konsep etnik tradisional dan modern dalam acara pernikahan.

“Makin ke sini anak muda sekarang lebih suka kalau dipadukan antara etnic dan modern. Mulai dari baju pengantin, dekorasi, semua dipadukan,” ujarnya.

Tak hanya fokus dengan pameran pernikahan, RWF 2021 juga menghadirkan food festival atau festival makanan, serta industri kreatif untuk menggaet pengunjung.

“Karena weddingnya kan segmennya kecil, yang datang betul-betul yang ingin merencanakan pernikahan, jadi kita gandeng food festival supaya cakupannya pengunjungnya lebih luas,” ungkapnya.

Selama empat hari pagelaran, kata Irma, pihaknya tidak menetapkan target untuk jumlah pengunjung maupun transaksi. Pihaknya hanya ingin industri wedding bisa hidup kembali, menyusul melandainya kasus Covid-19.

“Kami hanya ingin industri wedding hidup kembali, PPKM tidak ada lagi, dan orang jadi berani lakukan pernikahan impiannya. Karena selama ini kan sangat terbatas. Kami harap mereka bisa merencanakan pernikahan tahun depan,” pungkas Irma.

Marketing Manager Upperhills Convention Hall and Bambuden Group, Risma menambahkan, selama event RWF 2021 berlangsung, ada promo uang kembali (cashback) hingga Rp10 juta bagi pengunjung.

“Selain itu ada juga tambahan fasilitas seperti mobil pengantin, kue pengantin, dan diskon-diskon lainnya,” bebernya.

Risma optimis, event pernikahan di tahun 2022 bisa kembali bergeliat. Pihaknya selalu mengutamakan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan guna keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengunjung.

“Kami dari pihak gedung ingin tamu merasa tidak ada masalah dengan pernikahan di masa pandemi. Kami yakinkan mereka bahwa kita mengikuti protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Di tahun keenam penyelenggaraannya, RWF juga berupaya membangkitkan semangat UMKM industri kreatif yang ikut terdampak di masa pandemi.

Sekadar diketahui, RWF 2021 kali ini menghadirkan 120 vendor yang meliputi vendor wedding (Dekorasi, Wedding Organizer, Fotografer & Videografer, Photobooth, Band & Ligthing, Bridal dan Groom suit) sebanyak 49 booth, Health & Beauty 9 booth, Food and Beverage 48 booth, dan UMKM TP PKK kecamatan se-Kota Makassar sebanyak 15 booth. (*)