oleh

Jelang Pilgub Sulsel, Gerindra-PAN Jajaki Koalisi

Any Ramadhani and Yadi-Partai, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tergolong masih lama, tepatnya tahun 2024 mendatang. Namun sejumlah elite partai mulai membahas potensi koalisi untuk memenangkan pertarungan.

Dua pimpinan partai politik di Sulsel, Partai Gerindra dan PAN melakukan pertemuan, Rabu (20/10/2021).

Pertemuan antara Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras dan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi berlangsung di Cafe Fireflies, Jl Hertasning.

Ashabul Khafi mengakui pertemuannya dengan Iwan Aras membahas soal Pilgub Sulsel 2024. Bahkan Kahfi menilai Andi Iwan Aras sosok figur potensial maju calon Gubernur Sulsel 2024.

“Ia betul kami juga diskusi terkait pilkada kabupaten/kota dan Pilgub Sulsel. Sosok AIA figur yang berpotensi maju di Pilgub Sulsel akan datang,” kata Kahfi saat dihubungi.

Politisi berlatar tokoh Muhammadiyah itu mengatakan prinsipnya PAN siap berkoalisi dengan Gerindra, termasuk dalam agenda politik di tingkat lokal.

“Tentu, membangun kesepakatan beberapa hal dengan Andi Iwan untuk membangun sinergitas,” jelas anggota DPR RI itu.

Menurutnya, pertemuan keduanya adalah bagian merawat silaturrahim sesama serta menjaga stabilitas politik di Sulsel. “Sebagai ketua partai pasti akan terus membangun komunikasi, guna mendorong pembangunan sebagaimana merefleksikan hari jadi Sulsel,” terang Kahfi.

Kalaupun ada pertanyaan dari awak media terkait 2024, Kahfi menilai itu wajar-wajar saja. Bagi Kahfi, yang terpenting mari sama-sama menata Sulsel untuk lebih baik kedepan.

“Juga kita harus menjaga kekompakan dalam menghadapi pandemi. Bukan saja lintas partai tapi semua komponen harus terlibat supaya masyarakat keluar cepat dari Covid-19 dan perekonomian kembali pulih,” tuturnya.

Pihaknya tidak bisa menafikan suksesi 2024 karena itu adalah bagian dari merawat jalannya demokrasi, dan setiap perhelatan kepemimpinan tentu semua akan bicara bagaimana masa depan sebuah daerah.

“Memang semestinya para tokoh, termasuk tokoh politik turut andil dalam setiap kebijakan itu perlu menjalin silaturahim dengan baik,” terangnya.

Sementara Andi Iwan Aras, saat di hubungi mengaku pertemuannya ini hanya biasa saja. Intinya bagaimana silaturahmi tetap terjalin dan terjaga. “Dan terkait hal lain Gerindra dengan PAN berupaya penjajakan Koalisi Selaras, baik itu provinsi maupun tingkatan kabupaten/kota,” singkat AIA, Kamis (21/10/2021).

Diketahui, Andi Iwan Aras adalah Wakil Ketua Komisi V DPR-RI. Sedangkan Ashabul Kahfi Anggota DPR-RI dari Komisi IX. Keduanya berasal dari Dapil Sulsel. (*)