oleh

Mahasiswa Polibos Ciptakan Inovasi Transportasi Listrik Jarak Dekat

Any Ramadhani and Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mahasiswa Politeknik Bosowa (Polibos) berhasil membuat inovasi alat transportasi jarak dekat menggunakan dua motor listrik sebagai tenaga penggerak yang dibri nama Self Balancing Scooter.

Rancang bangun alat ini hadirkan oleh Abd Khaliq Sangga dan Iffa Auulia Kadriati, mahasiswa program studi Mekatronika.

Menurut Abd Khaliq Sangga, pengembangan kendaraan bermotor listrik tengah gencar diserukan di Indonesia, hal itu bahkan sudah tertuang dalam peraturan presiden tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

“Jadi Self Balancing Scooter merupakan salah satu transportasi yang menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak dan dapat menyeimbangkan dirinya hanya dengan dua roda, sehingga untuk mempertahankan posisinya tegak lurus terhadap permukaan bumi pada bidang datar memerlukan system kontrol stabil,” ujarnya, Senin (8/11/21).

Lebih lanjut, rancang bangun ini menggunakan system kontrol Proportional Integral Derivat (PID) yang berfungsi untuk menentukan besarnya kecepatan dan arah putaran motor DC sebagai penggerak.

Dalam kesempatan yang sama, Iffa Auuliah memaparkan diharapkan penelitian dan pengembangan self-balancing skuter dapat mengurangi kadar emisi di jalan raya akibat emisi nol. Jadi dampak dari pemanasan global melambat dan menjadi kendaraan baru yang nyaman dan praktis untuk keperluan umum.

“ Penelitian ini untuk merancang bangun diri menyeimbangkan skuter sebagai alat transportasi. Lebih detail, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kontrol self-balancing skuter, serta menguji diri menyeimbangkan skuter menggunakan dua motor DC sebagai actuator,” papar Iffa. (*)