oleh

Kado HUT 414 Makassar, Vaksinasi Capai 75 Persen

Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kado spesial dipersembahkan pemerintah tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar yang ke-414, Selasa (9/11/2021). Pada momen HUT itu, capaian realisasi vaksinasi tembus 75 persen.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi membeberkan capaian kinerja yang telah diraih selama menjabat bersama Moh Ramdhan “Danny” Pomanto. Dalam kurun waktu 9 bulan terakhir, dirinya bersama Danny Pomanto lebih banyak fokus dalam menangani pandemi Covid-19.

“Banyak hal yang jadi fokus capaian kinerja, terkhusus upaya yang dilakukan dalam menangani pandemi. Melalui program Makassar Recover yang terdiri dari tiga tahapan, kami beserta seluruh unsur masyarakat hingga hari ini terus konsisten melawan pandemi,” ungkap Fatma.

Dalam tahapan pertama Makassar Recover, yakni imunitas kesehatan, Fatma menyebut Makassar saat ini sudah berhasil mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Hal itu tidak lepas dari percepatan vaksinasi yang dilakukan melalui beragam event vaksinasi dan program 100.1.100 yang saat ini masih terus berjalan. “Upaya itu telah membuahkan hasil maksimal, saat ini capaian vaksinasi di Makassar tembus 75 persen dari 1,1 juta warga yang menjadi target vaksinasi,” jelasnya.

Berdasarkan data per Oktober 2021, sambung Fatma, Makassar berhasil menekan angka kasus aktif Covid-19 di titik paling rendah yakni 0 suspek.

“Hal ini juga berimplikasi pada penurunan bed occupancy rate atau BOR rumah sakit yang berada pada angka 0.86 persen,” ungkapnya.

Melalui tahapan adaptasi sosial pada Makassar Recover, jelas Fatma, berbagai pola dilakukan agar aktivitas warga dan roda perekonomian tetap bergerak, namun tetap menjaga protokol kesehatan.

“Bersama Satgas Raika yang melakukan pengawasan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) agar berjalan efektif,” lanjutnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Makassar fokus pada tahapan terakhir Makassar Recover, yakni pemulihan ekonomi atau economic recovery. Kata Fatma, tren pertumbuhan ekonomi Makassar menunjukkan hasil nilai yang cukup baik.

“Terjadi kenaikan pertumbuhan ekonomi. Kita melihat geliat UKM terus tumbuh dan semakin baik. Tentu hal ini menjadi tanda bahwa kota kita mulai bangkit dari situasi sulit,” bebernya.

Kendati demikian, Fatma mengingatkan agar segala capaian yang telah diraih tidak membuat seluruh pihak terlena. “Semua pencapaian ini tidak boleh membuat kita lengah. Kita patut waspada akan masa depan Makassar yang kita cintai,” jelasnya. (*)