oleh

Awas! Kasus Baru 480, Pasien Meninggal 14 Orang

Any Ramadhani-Nasional-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Penambahan kasus baru COVID-19 di Indonesia masih terus terjadi. Hingga Rabu (10/11), tercatat ada penambahan kasus baru sebanyak 480. Dengan demikian, total kasus konfirmasi positif Corona di tanah air mencapai 4.249.323.

Sementara pasien sembuh juga bertambah 531. Totalnya menjadi 4.096.194. Sedangkan kasus pasien meninggal bertambah 14. Jumlah keseluruhan 143.592 orang.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta keselamatan pekerja di lingkungan tempat kerja lebih diperhatikan. Khususnya aspek kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Pandemi COVID-19 mengingatkan akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja. Tujuannya untuk melindungi para pekerja dari potensi bahaya penyakit akibat kerja dan masalah kesehatan lainnya. Termasuk penyakit menular atau penyakit yang saat ini mewabah,” kata Budi di Jakarta, Rabu (10/11).

Menurutnya, tempat kerja merupakan salah satu lokus yang memiliki potensi penularan COVID-19 yang cukup tinggi. Aktivitas sosial yang dilakukan mulai dari aktivitas bersama keluarga di rumah, di lingkungan tempat tinggal hingga menuju tempat kerja, disebut dapat mempengaruhi jumlah kasus positif di Indonesia.

Untuk mencegah terjadinya penambahan kasus, ada lima hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah melakukan skrining dengan pengaktifan barcode yang ada pada aplikasi PeduliLindung yang diikuti dengan pemeriksaan suhu.

“Pandemi belum diperkirakan akan berakhir. Kita akan mempersiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan COVID-19,” pungkas Budi. (fin/*)