oleh

Gojek Rangkaikan HUT Makassar dengan Digitalisasi dan Pelatihan UMKM

Any Ramadhani and Hikmah-Bisnis, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dalam rangka HUT ke 414 kota Makassar, Gojek turut mendorong UMKM untuk berdaya saing melalui

digitalisasi dan pelatihan kewirausahan di Lorong wisata Makassar.

Dalam kegiatan tersebut Gojek memberikan pelatihan kewirausahaan kepada 38 ibu rumah tangga yang berada di lorong wisata Bambapuang kota Makassar.

Selain memberikan pelatihan kewirausahaan, Gojek juga memberikan edukasi mengenai digitalisasi UMKM melalui platform GoFood untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi produk yang mereka jual.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutannya memberikan apresiasi pada komitmen Gojek dalam membantu program pemulihan ekonomi UMKM melalui berbagai pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi yang berikan kepada warga kota Makassar khususnya di Lorong Wisata ini,

“Kami berharap kolaborasi Pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pariwisata dan GoFood ini dapat membangkitkan UMKM di masa Pandemi melalui inovasi dan teknologi sehingga dapat menunjang perbaikan mutu, daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran.” ujarnya

Dalam kunjungannya ke lorong wisata persembahan Gojek, Walikota Makassar juga menyempatkan untuk mencicipi hidangan tradisional kue taripang Sulawesi Selatan dan kopi khas Makassar yangdisiapkan oleh warga setempat.

“Lorong Bambapuang ini menjadi
rumah bagi para UMKM kuliner khas Makassar termasuk diantaranya kuliner tersohor Kota Makassar, Bakso Iyang Bambapuang atau yang dikenal juga sebagai Bakso Lorong juga merupakan salah satu Mitra Usaha kami yang menjadi andalan di GoFood. Kami melihat Lorong Bambapuang dapat menjadi daya tarik wisata kuliner bagi warga Makassar dan wisatawan. Hal inilah yang mendorong Gojek untuk memilih lorong ini menjadi Lorong Wisata.” ujar District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas.

Selain memberikan pelatihan kewirausahaan UMKM, upaya Gojek untuk mendorong wisata kuliner Lorong Wisata adalah menghadirkan nilai estetika secara fisik di lorong ini melalui renovasi, menampilkan mural, dan instalasi yang instagramable.

Upaya digitalisasi yang dilakukan bagi UMKM milik warga lorong ini adalah memberikan perluasan pasar di GoFood dan pembayaran non tunai lewat GoPay yang diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus serta memperluas penetrasi inklusi
keuangan.

“Upaya ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Adwin menambahkan, digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang mengalami penurunan omset karena berkurangnya pelanggan yang makan di tempat . Dengan digitalisasi maka
UMKM kuliner dapat terus menjalankan usaha dengan konsep penjualan antar ke pembeli melalui platform pemesanan dan antar makanan GoFood di Gojek. Kami yakin bahwa bersama Gojek #PastiAdaJalan untuk kita #BangkitBersama di masa pandemi yang masih berlangsung, dan roda perekonomian Kota Makassar dapat terus berjalan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, ” harapnya. (*)