oleh

Unibos dan Kroasia Jajaki Kerja sama Terkait Pertukaran Dosen dan Mahasiswa

Any Ramadhani and Hikmah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Universitss Bosowa (Unibos) Makassar merupakan kampus ketiga yang disambangi Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand dan ASEAN, Nebojsa Koharovic dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Makassar.

Dalam pertemuannya dengan pimpinan Unibos, Dubes Nebojsa menyebut, khusus untuk kerjasama perguruan tinggi bukan melalui kedutaan besar. Melainkan antar kampus.

Namun demikian, Nebojsa mengaku siap memfasilitasi Unibos dengan sejumlah kampus yang ada di Republik Kroasia.

“Kerjasama antar kampus itu tidak di level Kedutaan, tapi kampus to kampus. Tapi kami siap fasilitasi,” kata Nebojsa, Jumat (12/11).

Adapun berkaitan dengan program pertukaran pemuda, riset bersama dan program-program lain yang berkaitan dengan kerjasama bilateral dengan negara-negara Eropa memiliki skema tersendiri yang diatur melalui Uni Eropa.

“Kami di negara Eropa, kalau program exchange itu melalui skema UE,” tandasnya.

Sementara Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu mengatakan, yang paling potensial untuk dikerjasamakan dengan Kroasia adalah pertukaran dosen dan mahasiswa.

Kerjasama itu kata Saleh akan diawali dengan seminar internasional dengan mendatangkan pembicara dari Kroasia.

“Setelah itu barulah kita mulai lebih jauh kerjasama. Mungkin nanti ada kunjungan kesana,” ucap Prof Saleh

Kunjungan Dubes Nebojsa ke Unibos diakui rektor sangat menguntungkan dan relevan dengan visi Unibos.

“Unibos ini kita punya visi, enterpreneur dan global. Jadi sangat mendekati dengan kerjasama ini,” tutup Rektor Unibos. (*)