oleh

Yayasan Hadji Kalla-Jenewa Institut Latihan Pembuatan MPASI

Any Ramadhani and Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Yayasan Hadji Kalla menggandeng Jenewa Institut memberikan pelatihan pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Pelatihan ini diberikan kepada para ibu dan kader kesehatan dalam rangka pencegahan dan penurunan angka stunting di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar.

Stunting yang merupakan masalah kekurangan gizi kronis, disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, sehingga tubuh anak lebih kerdil (pendek) dari usianya.

Isu tersebut merupakan masalah yang telah terjadi cukup lama di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, terutama di Pulau Barrang Lompo yang menurut hasil survei awal dari tim Jenewa Institut mencapai angka 30 persen.

Pelatihan pencegahan stunting melalui pembuatan makanan pendamping ASI berbahan baku lokal merupakan salah satu cara menanggulangi masalah stunting di lokasi ini.

Direktur Eksekutif Jenewa Institute, Surahmansah Said menjelaskan bahwa pelatihan yang dilaksanakan pada pagi hingga sore hari tersebut berjalan lancar sesuai dengan rencana.

“Pelatihan ini kita lakukan bersama Yayasan Hadji Kalla agar kita bisa menemukan resep mp Asi dari bahan bahan di sekitar kita,” ujar Surahman, Selasa (16/11).

Pada kegiatan ini, ada beberapa menu yang dibuat oleh para peserta di pelatihan tersebut yakni dari berbagai macam ikan laut dan juga sayuran. Dari ke-18 resep tersebut telah dibuatkan rekomendasi resep yang telah dicetak menjadi buku dan nantinya akan menjadi acuan bagi puskesmas.

“Tujuan kegiatan ini tidak lain untuk memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk membuat mp Asi. Bahan yang dipilih betul betul hasil pangan laut yang menjadi unggulan yang ada di pulau Barrang Lompo yang mudah di dapat,” tambah Surahman. (*)