oleh

Ekspedisi Pejuang Rupiah Bahari 2021 Kembali Digelar BI, Berikut Pulau Tujuan

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Bank Indonesia kembali menggelar Ekspedisi Pejuang Rupiah Bahari 2021 setelah sebelumnya sempat ditunda akibat covid 19.

Bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), ekspedisi ini dilakukan menggunakan kapal perang 801 dengan melibatkan 47 awak dari TNI AL dan 15 orang awak dari BI.

Berbeda dengan sebelumnya, ekspedisi kali ini hanya menyasar Pulau Badi, Kapoposang, Gondong Bali, Kajuadi, Jinato dan Selayar dengan jumlah rupiah yang didistribusikan sebanyak 4,5 M.

“Kegiatan ini tidak hanya sekali, sehingga kami menghadirkan jalur satu tujuan. Barangkali nanti banyak pulau lain yang akan kami tuju,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana yang ditemui dalam pelepasan kapal khas keliling, Kamis (25/11) .

Causa mengungkapkan, ekspedisi ini sebagai bentuk kehadiran Bank Indonesia ditengah tengah masyarakat dan sebagai wujud antisipasi agar mata uang lain tidak beredar di daerah terpencil di Indonesia.

“Khas keliling ini diselenggarakan bekerja sama dengan TNI AL. Kegiatan ini telah ada sejak tahun 2016 dan sempat terhenti akibat covid 19. Tahun ini, ekspedisi kembali digelar,” sebutnya.

“Kami juga mengirimkan pecahan layak dengan jumlah yang cukup agar masyarakat pulau dapat menukarkan uangnya yang sudah tidak layak edar,” sambung Causa.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI, DR Benny Sukandari mengungkapkan ekspedisi ini sebagai
program implementasi perjanjian kerjasama pihaknya dengan BI terkait pendistribusian rupiah ke wilayah terkecil terluar dsn terpencil,”katanya

“Ini bentuk dukungan TNI angkatan laut terhadap upaya pemilihan ekonomi, ini suatu upaya agar ekonomi berjalan lancar. Oleh karena itu kami mendukung sepenuhnya tugas mulia ini,” pungkasnya. (*)