oleh

Generasi Milenial Parepare Belajar Membatik Shibori

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Setelah sukses melatih kaum Ibu-ibu, kini Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Parepare di bawah kepemimpinan Erna Rasyid Taufan kolaborasi Pemerintah Kota, kembali menggelar pelatihan keterampilan membatik teknik shibori bagi generasi milenial.

Kegiatan yang dikemas dalam Workshop, digelar selama dua hari tanggal 20 hingga 21 Desember di Hotel Bukit Kenari.

Kegiatan dibuka langsung Ketua Dekranasda Parepare, Erna Rasyid Taufan didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan, Prasetyo.

Penanggung jawab kegiatan, Ida Hamdah mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas kaum milenial agar nantinya mampu tampil kreatif dan produktif di masa pandemi.

“Dalam situasi pandemi Covid 19, Ibu Wali Kota yang juga Ketua Dekranasda berharap agar kaum milenial bisa menciptakan batik produk sendiri sesuai kreatif masing anak-anak,” ujar Ida, sapaan karib dia.

Batik dengan teknik itu lanjut dia, kian merajai pemasaran berbasis digital. “Apalagi kita ketahui anak-anak atau remaja saat ini tidak lagi gaptek dengan digital atau IT sehingga memudahkan mereka dalam pemasaran produk batik yang dihasilkan,” imbuh Ida.

Kegiatan itu diikuti 40 kaum milenial yang didominasi para remaja yang tergabung dalam kepengurusan PKK Remaja Kelurahan Watang Bacukiki.

“Hasilnya membatik mereka ternyata bagus-bagus dan bisa memotivasi anak milenial untuk berkarya,” paparnya.

Pelatihan membatik teknik Shibori ini menghadirkan narasumber Tim Ahli, Zulfitriani Mustaka.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Parepare, Erna Rasyid Taufan berharap dimasa pandemi menjadi ajang untuk produktif sehingga mendukung tahun pemulihan ekonomi yang dicanangkan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Remaja merupakan pewaris tongkat estafet pembangunan. Di tangan merekalah penentu nasib bangsa dan kota kita. Mereka gesit, kreatif, dan produktif sehingga potensi ini menjadi modal sehingga kita perlu memberikan pelatihan dalam mengasah keterampilan mereka. Selain itu, juga agar keseharian mereka diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat,” harap Erna yang baru ini terpiluh secara aklamasi sebagai Ketua DPD II Golkar Parepare.

Erna menekankan, batik yang dihasilkan dalam pelatihan tetap memperhatikan motif dan ciri khas Parepare sehingga menjadi nilai jual yang tinggi.
(***)