oleh

Bupati Adnan Dorong Perbaikan 1.000 HPK untuk Tekan Stunting

Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Membentuk sumber daya manusia (SDM) unggul sejak dini menjadi salah satu penentu terwujudnya pembangunan daerah yang baik. Tentunya dalam upaya ini generasi penerus harus bebas stunting.

Olehnya hal tersebut menjadi perhatian Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Dalam hal ini pihaknya pun mengajak Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa untuk terus berkolaborasi menekan angka stunting di Kabupaten Gowa guna membangun SDM yang unggul di masa yang akan datang.

Orang nomor satu di Gowa ini mengatakan, jika ingin membangun SDM yang unggul di masa yang akan datang, maka yang harus dilakukan adalah memperbaiki di hulu. Salah satunya mencegah terjadinya stunting bagi bayi melalui perbaikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Kalau kita mau membangun sumber daya manusia yang lebih baik dan unggul, maka tentu yang harus kita lakukan adalah perbaiki hulunya terlebih dahulu. Hulunya ini adalah 1000 hari pertama kehidupan,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Angka Stunting TP PKK Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (21/12).

Menurutnya, inilah yang menjadi tugas bersama antara Pemerintah Kabupaten Gowa dan TP PKK Kabupaten Gowa untuk membangun SDM yang baik dan unggul sejak dari hulu ke hilir. Apalagi memang Kabupaten Gowa merupakan kaupaten/kota dengan angka penurunan stunting tertinggi di Sulawesi Selatan.

Hanya saja kata Adnan, pencapaian ini harus dijadikan sebagai motivasi untuk terus melakukan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Gowa. Dirinya berharap terus dilakukan perbaikan data-data stunting.

“Saya berharap bapak ibu-ibu sekalian yang hadir di tempat ini agar bisa betul-betul berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Gowa di semua jenjang, baik tingkat kabupaten, Kecamatan, desa dan kelurahan untuk betul-betul kita menurunkan angka stunting di kabupaten Gowa ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan berharap keterlibatan semua kader PKK mulia dari tingkat kabupaten hingga ke desa dan kelurahan dalam menurunkan angka stunting terus mengambil peran.

“Saya meminta agar seluruh Ketua Tim Penggerak PKK desa dan kelurahan hingga kecamatan agar tetap semangat dalam turun ke lapangan melihat para ibu, para anak-anak yang membutuhkan perhatian dari Tim penggerak PKK desa, kelurahan dan kecamatan,” harapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Seminar Breast Cancer Awareness Seminar, dengan narasumber dr. John S.L.A Piter, seminar BPJS Kesehatan oleh Direktur BPJS Kesehatan cabang Gowa dr. Fika Wirawan dan seminar tentang keluarga sehat tangguh dan tanggap bencana alam yang dibawakan oleh dr. Muji Iswanti.

Turut hadir Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf dan seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, kecamatan, desa dan kelurahan. (*)