oleh

Jelang Nataru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- PT PLN Persero memastikan pasokan listrik di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat tetap aman pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal tersebut disampaikan General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid dalam jumpa persnya di Aula Lantai 6 Kantor PLN UIW Sulselrabar, Selasa (21/12).

Menurut Awaluddin, di tanggal 18 Desember hingga 8 Januari, pihaknya dalam masa siaga pasokan listrik. Pada tanggal tersebut proses pemeliharaan ditiadakan serta proyek konstruksi disekitar tempat Natal di hentikan.

“PLN selalu melakukan pengamanan terkait pasokan listrik, pengamanan pembangkit listrik dan pengamanan distribusi listrik. Persiapan lain, menyiapkan backup pasokan di titik titik perayaan natal dan pergantian tahun. Tidak hanya itu,
PLN juga menyiapkan cadangan daya sebesar 30 persen sebagai persiapan menyambut Nataru,”ujar Awaluddin.

Lebih jauh kata Awaluddin, pihaknya juga akan memperkuat persediaan unit gardu bergerak, personil pekerja listrik serta posko pengaduan yang sewaktu waktu dapat dimanfaatkan masyarakat jika ada kendala terkait kelistrikan.

“Kami juga menyiapkan personil berjumlah 2179 orang, 80 posko,unit gardu bergerak sebanyak 42 buah dan untuk kebutuhan operasional ada 144 motor, 275 mobil, krem 18 unit, serta untuk backup disiapkan 111 unut genset,” pungkasnya.

Meski demikian, mengingat cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa tempat belakangan ini, pihak PLN akan terus melakukan pemantauan daerah rawan dan mengamati gardu.

“Kita melakukan pengamatan lingkungan, namun jika situasi rawan banjir telah terjadi, terpaksa akan dilakukan pemadaman listrik,” pungkasnya. (*)