oleh

Perbaikan Data Pemilih, KPU Torut Gelar Rakor PDPB

Any Ramadhani and Cherly-Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Demi untuk menghasilkan data pemilih yang baik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar rapat koordinasi (Rakor) atau forum koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), di aula pertemuan KPU Torut, Senin, 20 Desember 2021.

Kegiatan tersebut dibuka langsung ketua KPU Torut, Bonnie Freedom. Dan dihadiri dinas Kependudukan dan catatan sipil, Bawaslu, perwakilan Polres Torut, Perwakilan Kodim 1414 Tator dan pengurus Partai Politik yang ada di Torut.

Koordinator divisi perencanaan data dan informasi KPU Torut, Simeon Sarira mengatakan, rakor tersebut adalah untuk mengapdate data pemilih sesuai kondisi rill di masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang yang mewajibkan KPU untuk selalu mengapdate data pemilih setiap waktu dengan melibatkan semua stakholder terkait.

Lebih lanjut dikatakan dengan keterlibatan semua stakholder terkait data pemilih akan semakin baik, semakin akurat, komprehensiv, lebih mutahir, terkini. Dimana KPU dalam melakukan pemutahiran data seperti penambahan data pemilih, juga menghapus data pemilih yang sudah meninggal dan sudah pindah, disamping itu KPU juga memperbaiki data pemilih sesuai dokumen kependudukan yang ada.

Ditambahkan Simeon, dalam rakor hari ini sempat dibahas terkait kendala data pemilih bagi penduduk yang tinggal diperbatasan sering menjadi kendala, namun KPU selalu mengacu pada dokumen kependudukan warga yang ada. (*)