oleh

Perkokoh Eksistensi, Bupati Adnan Dorong Revitalisasi Dalam Gerakan Pramuka

Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Gerakan Pramuka menjadi salah satu wadah untuk melakukan pembinaan dan proses pendidikan dalam rangka pembentukan watak, akhlak, kepemimpinan dan budi pekerti luhur. Oleh karena itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa menginginkan adanya revitalisasi gerakan Pramuka, khususnya pada gerakan Pramuka di Kabupaten Gowa.

Hal ini kata Adnan, agar meningkatkan peran, fungsi dan tugas gerakan Pramuka melalui pemberdayaan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan serta memperkokoh eksistensi gerakan Pramuka.

“Kondisi saat ini mengharuskan kita mengikuti perkembangan zaman, karena tidak ada kemajuan di negara ini jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan zaman. Begitupun dalam gerakan Pramuka yang bisa menyesuaikan dengan generasi millenial, generasi Z dan Post Gen Z,” ungkapnya di sela-sela Pelantikan dan Orientasi Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Tingkat Cabang Se-Kwartir Cabang Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (22/12).

Salah satu yang bisa dilakukan yakni melalui Satuan Karya (Saka) Pramuka yang merupakan wadah untuk pengembangan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan tertentu serta wadah pengembangan karya nyata Pramuka sebagai pengabdian, serta membangun masyarakat.

“Hari ini kita melantik pemimpin SAKA, dimana kita sengaja mengambil pimpinan SKPD sebagai ketua agar program di Kwarcab Gowa bisa dijalankan dengan baik dan mampu membuat perencanaan yang jelas,” tambahnya.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan, sasaran adanya revitalisasi ini yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatih dan pembina Pramuka, semakin antusiasnya peserta didik mengikuti pendidikan kepramukaan dan semakin aktifnya Pamong dan Instruktur Saka melakukan pembinaan dan pelatihan.

“Dengan kuantitas dan kualitasnya ini, kita bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota di Sulsel, begitupun dengan antusias peserta didik dimana kita akan mendorong Dinas Pendidikan untuk mewajibkan mengikuti pendidikan kepramukaan,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, setelah pelantikan pemimpin Saka ini, sepuluh Saka yang ada di Gowa dapat diaktifkan kembali, melakukan penguatan pemahaman majelis pembimbing dan pimpinan Saka, melakukan orientasi dan pelatihan hingga pelatihan kursus bagi instruktur Saka.

Adapun Saka yang ada di Kabupaten Gowa yakni Saka Bhayangkara (Polres), Saka Wirakartika (Dandim), Saka Bhakti Husada (Dinas Kesehatan), Saka Kencana (Dinas PPKB), Saka Wanabakti, Saka Taruna Bumi (Dinas Pertanian), Saka Kalpataru (Dinas Lingkungan Hidup), Saka Widya Budaya Bakti (Dinas Pendidikan), Saka Pariwisata (Dinas Pariwisata), dan Saka Bahari (Dinas Perikanan dan Kelautan). (*)