oleh

LLDIKTI Wilayah IX Gelar Anugerah SPADA, Penghargaan Bagi PT Yang Terapkan Pembelajaran Daring

Any Ramadhani and Hikmah-Edukasi, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IX menggelar anugerah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) di Hotel Claro Makassar Rabu Malam (22/12).

Penghargaan tersebut diberikan LLDIKTI Wilayah IX sebagai apresiasi kepada perguruan tinggi yang dianggap mampu menerapkan SPADA dalam proses belajar mengajar.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof Jasruddin mengatakan, Kementrian Pendidikan sedang menggenjot sistem pembelajaran online dimana kementrian memiliki SPADA Indonesia yang harus di terapkan perguruan tinggi. “Award ini adalah apresiasi yang diberikan kepada kampus karena telah membiasakan dirinya menggunakan SPADA,” ujar Prof Jasruddin

“Dari hasil award ini kita mampu memetakan perguruan mana yang sudah menggunakan sistem pembelajaran berbasis online. serta Dosen di perguruan tinggi mana yang juga sudah menerapkan pembelajaran SPADA.,” sambungnya.

Lanjut Prof Jasruddin, saat ini pemerintah tengah mendorong pembelajaran langsung dan tidak langsung, sebab pembelajaran daring adalah keniscayaan yang harus diterapkan.

“Oleh sebab itu kita harus mendorong Dosen. Kita mampu meski di situasi keterbatasan alat, namun jika di dorong ternyata kita bisa,” pungkasnya

Terakhir prof Jasruddin berharap setengah dari perguruan tinggi di wilayah kerja LLDIKTI Wilayah sembilan mampu menetapkan SPADA.

“Ada 240 an perguruan, tinggi minimal 50 persen harus mampu menerapkan SPADA,” tutupnya. (*)