oleh

Sinergitas Tiga Pilar Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Gowa

Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Sinergitas tiga pilar yakni pemerintah, TNI dan Kepolisian menjadi salah satu cara yang dilakukan di Kabupaten Gowa untuk meningkatkan cakupan vaksinasi, khususnya dalam mencapai target 70 persen hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan sinergi tiga pilar ini menurutnya merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk memanfaatkan sisa waktu yang sangat terbatas menjelang akhir tahun 2021 ini.

“Mulai sekarang kita tidak menjalankan vaksinasi secara parsial-parsial misalnya Polres jalan sendiri, Kodim jalan sendiri, tapi kini bersama-sama pemerintah dalam hal ini tenaga kesehatan, TNI dan Kepolisian, karena tujuan kita sama yaitu membuat Kabupaten Gowa bisa mencapai target yang diberikan. Jadi cara kami semua dilakukan bersama dan penginputan ke aplikasi dilakukan oleh tim yang dibentuk agar tidak adalagi kesalahan,” ungkapnya saat melakukan kunjungan di Kecamatan Bontonompo, Bajeng dan Pallangga, Rabu (23/12).

Tak hanya itu, pihaknya bersama Dandim 1409, Kapolres Gowa ditambah Kejari Gowa juga kini setiap harinya mengunjungi kecamatan untuk mengecek apa yang menjadi kendala di lapangan untuk mencapai 70 persen, sekaligus memberikan saran dan masukan atas kendala tersebut.

“Seluruh kabupaten/kota hingga provinsi diberikan target untuk mencapai 70 persen sampai tanggal 31 desember. Itulah mengapa saya bersama Forkopimda bersepakat keliling kecamatan untuk mengetahui saran, masukan dan apa masalahnya agar bisa mencapai target,” ungkapnya.

Saat ini kata Adnan, posisi cakupan vaksinasi Gowa telah mencapai 57 persen, dibutuhkan 13 persen untuk mencapai 70 persen sehingga setiap harinya dibutuhkan 1,44 persen tervaksin.

Olehnya ia meminta seluruh jajaran kecamatan dari bawah mulai RT/RK, Dusun/Lingkungan, Kepala Desa/lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas ikut aktif dalam mendatangkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar di akhir Desember Kabupaten Gowa mampu mencapai 70 persen cakupan vaksinasi.

Sementara Dandim 1409 Gowa, Letkol Infanteri Prasetyo Ari Wibowo mengaku pihaknya menurunkan 12 tim yang dosebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa untuk membantu pemerintah ditambah babinsa di 167 desa/kelurahan yang aktif membantu pemerintah setempat.

“Upaya kita, kita menerjungkan dan membentuk 12 tim yang kita sebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa mencakup didalamnya 8 Koramil, 167 desa Babinsa kami yang memberikan informasi dimana titik penuh yang banyak masyrakatnya dan pada saat itu ada kegiatan vaksinasi, kita akan antarkan tim kita kesana,” ungkapnya.

Dandim mengaku, pihaknya juga diberikan target yang sama, sehingga apabila pemerintah mengalami kekurangan vaksin, stok yang dimiliki kodim siap digunakan untuk kecamatan atau desa/keluharan yang membutuhkan.

“Kita memiliki jatah vaksin tersendiri, jadi jika ada yang membutuhkan stok silahkan berkoordinasi,” jelasnya.

Ia berharap dengan sinergitas-sinergitas yang ada dan pola yang dilakukan setiap harinya Kabupaten Gowa bisa mencapai target vaksinasi 70 persen di tanggal 31 Desember 2021 mendatang. (*)