oleh

Punya Ragam Manfaat, BNI Dukung Nasabah Pakai QRIS

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis, Keuangan, Perbankan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah 07 (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) ikut menggeliatkan penggunaan QRIS sebagai suatu sistem pembayaran non tunai yang sesuai standar.

Keikut sertaan BNI dalam penerapan QRIS ini sebab memiliki berbagai dampak positif di masyarakat, “Ada banyak manfaat dengan digunakannya QRIS, yang pertama menekan peredaran uang palsu, yang kedua menekan angka covid 19. Karena manfaat ini lah bagi pelaku usaha, kami telah melakukan sosialisasi sekaligus menjadikan para pelaku usaha sebagai merchant QRIS utamanya bagi pelaku UMKM.” ujar Wakil Pemimpin BNI Wilayah 07, Bagus Ardani Sutoyo.

Agus mengungkapkan, saat ini transaksi QRIS mengalami peningkatan seiring dengan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat.

“Jadi setiap nasabah BNI bisa menggunakan QRIS. Saat ini transaksinya sudah Milyaran di Sulsel, sudah melebihi transaksi uang tunai. Jelang Nataru ini, kami memprediksi akan terjadi peningkatan transaksi hingga 25 persen,” pungkasnya.

Lebih jauh Agus menerangkan, bagi nasabah BNI yang ingin melakukan transaksi pembayaran dengan QRIS tidak perlu khawatir cukup dengan satu aplikasi yaitu BNI Mobile Banking.

“Cukup Scan QR Code QRIS, Masukkan nominal pembayaran, lalu masukkan password transaksi dan transaksipun langsung terbayarkan saat itu juga. Sedangkan untuk pelaku usaha, dengan menjadi merchant QRIS selain memudahkan dalam proses pembayaran juga bisa meminimalisir resiko peredaran uang palsu, tidak perlu menyiapkan uang kembalian, Meminimalisir penyebaran virus melalui uang tunai dan tentunya kekinian” jelasnya.

Agar lebih menggeliatkan penggunaan QRIS, BNI juga menyiapkan promo khusus untuk pengunjung Mall Ratu Indah.

“Dengan bertransaksi menggunakan QRIS, BNI memberikan gratis voucher hingga Rp100 ribu, Parkir minimal 2 Jam gratis parkir 1 jam pertama dan untuk nasabah emerald BNI mendapatkan fasilitas area parkir khusus di Mall Ratu Indah. Pada event New Fest 14.0 ini kami juga memberikan penawaran spesial berupa voucher Rp50 ribu untuk transaksi pembayaran minimal Rp500 Ribu melalui QRIS BNI,” Tutup Bagus Ardani.

Sejalan dengan itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Wijanarko menuturkan, QRIS sebagai salah satu kanal pembayaran yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang dapat menjadi salah satu alat pembayaran untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi sehari-hari.

“Diharapkan dengan kemudahan transaksi menggunakan QRIS dapat mempercepat perputaran ekonomi” pungkasnya. (*)