oleh

Selfridges Group Department Store Andalannya Di Oxford Street London Di Jual

INGGRIS,BACAPESAN.COM-Selfridges dijual seharga £4 miliar ke aliansi Thailand-Austria(24/12/2021)

Kesepakatan untuk sebagian besar Selfridges Group bernilai sekitar £4 miliar ($5.4bn).

Didirikan pada tahun 1908 oleh tokoh ritel AS Harry Gordon Selfridge, perusahaan ini terkenal dengan department store 
andalannya di Oxford Street London

Sayap Kanada dari keluarga miliarder Weston membeli Selfridges dengan harga hampir £600 juta pada tahun 2003.

“Merupakan hak istimewa untuk mengakuisisi Selfridges Group, termasuk toko unggulan Oxford Street, yang telah berada di pusat jalan perbelanjaan paling terkenal di London selama lebih dari 100 tahun,” kata kepala eksekutif Central Group Tos Chirathivat dalam sebuah pernyataan.

Central Group Thailand, yang dimiliki oleh keluarga miliarder Chirathivat, terlibat dalam berbagai bisnis termasuk real estat, ritel, perhotelan, dan restoran.

Central membuka department store pertamanya pada tahun 1956 dan telah berkembang menjadi pemilik pusat perbelanjaan terbesar di Thailand.

Ini juga memiliki usaha patungan e-commerce dengan JD.com China dan saham di raksasa layanan transportasi dan pengiriman Asia Tenggara, Grab.

Signa Group yang berbasis di Wina didirikan oleh pengusaha René Benko pada tahun 2000 dan telah menjadi perusahaan real estate swasta terbesar di Australia.

Kedua perusahaan telah bersama-sama memiliki department store besar di seluruh Eropa.

Selfridges Group mempekerjakan sekitar 10.000 orang dan memiliki 25 toko di seluruh dunia, termasuk di kota-kota besar di Inggris, Irlandia, Belanda, dan Kanada.

Signa dan Central akan mengambil alih 18 dari 25 toko. Tujuh department store Selfridges di Kanada bukan bagian dari kesepakatan.

“Bersama-sama kami akan bekerja dengan arsitek terkemuka dunia untuk secara sensitif menata ulang toko di setiap lokasi, mengubah tujuan ikonik ini menjadi ruang modern yang berkelanjutan, hemat energi, sambil tetap setia pada warisan arsitektur dan budaya mereka,” kata ketua Signa Dieter Berninghaus.

Keluarga Weston menjual rantai itu pada bulan Juni, beberapa bulan setelah kematian Galen Weston, yang mengawasi langkah untuk menjadikan department store itu sebagai pribadi 18 tahun lalu.

“Saya bangga menyerahkan tongkat estafet kepada pemilik baru yang merupakan bisnis keluarga yang memiliki pandangan jangka panjang,” kata ketua Grup Selfridges Alannah Weston.(BBC/*)