oleh

Pengguna QRIS di Sulsel Capai 499.376 Merchant

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Memasuki penghujung 2021, pengguna QRIS telah mencapai 499.376 merchant di Sulsel.

Angka tersebut menjadikan Sulsel sebagai provinsi dengan jumlah merchant QRIS terbanyak di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan menduduki urutan ke-7 secara nasional.

Dari total 499.376 merchant QRIS di Sulsel, 82,95 persen atau 414.217 merchant diantaranya merupakan para pelaku UMKM.

Salah satu upaya mendorong penggunaan QRIS oleh masyarakat dilakukan melalui pelaksanaan program pasar/pusat perbelanjaan Sehat, Inovatif, Aman Pakai QRIS (S.I.A.P QRIS).

Pada 15 November 2021, Walikota Makassar telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang menghimbau pasar dan pusat perbelanjaan di wilayah Kota Makassar untuk mengimplementasikan QRIS. SE tersebut mendapat respon positif dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia dengan mengeluarkan surat dukungan program S.I.A.P QRIS kepada pengelola mal di Makassar.

Pada 23 Desember 2021, bertempat di Mall Ratu Indah, Makassar, dilakukan sosialisasi S.I.A.P. QRIS oleh salah satu Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko, yang hadir dalam sosialiasi ini menyampaikan apresiasi atas upaya Kantor Wilayah BNI 07 Makassar mewujudkan digitalisasi pembayaran di wilayah Sulsel.

Dalam sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis akrilik QRIS Parkir (off-street) dari Pemimpin Kantor Wilayah BNI 07 Makassar, Hadi Santoso, kepada perwakilan PT Kalla Inti Karsa. Saat ini, QRIS Parkir di pusat perbelanjaan sudah terdapat di Mall Ratu Indah, Mal Phinisi Point, dan Mal Nipah.

“QRIS merupakan kanal pembayaran digital yang dapat digunakan oleh masyarakat, sama halnya seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC). QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI),” ujar Rudy

QRIS memberikan kemudahan dan manfaat bagi penggunanya, baik kepada masyarakat umum maupun para pelaku usaha. Bagi masyarakat umum, QRIS menawarkan metode pembayaran yang aman dan terlindungi karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia. Transaksi pembayaran juga menjadi cepat, mudah, murah, dan efisien tanpa uang kembalian.

“Tidak kalah penting, transaksi pembayaran menjadi lebih higienis karena bisa dilakukan tanpa kontak fisik. Sementara itu, para pelaku usaha, cukup memiliki satu QR code saja untuk menerima transaksi pembayaran. Transaksi keuangan langsung tercatat, terbebas dari risiko uang palsu, dan transaksi bisnis berpotensi naik karena adanya kemudahan metode pembayaran,” Beber Rudy

Wakil Pemimpin BNI Wilayah 07, Bagus Ardani Sutoyo mengungkapkan, sebagai dukungan terhadap penggunaan QRIS, pihaknya menyiapkan promo khusus untuk pengunjung Mall Ratu Indah.

“Dengan bertransaksi menggunakan QRIS, BNI memberikan gratis voucher hingga Rp. 100 ribu, Parkir minimal 2 Jam gratis parkir 1 jam pertama dan untuk nasabah emerald BNI mendapatkan fasilitas area parkir khusus di Mall Ratu Indah. Pada event New Fest 14.0 ini kami juga memberikan penawaran spesial berupa voucher Rp50 ribu untuk transaksi pembayaran minimal Rp500 Ribu melalui QRIS BNI ” Tutup Bagus. (*)