oleh

Tim PKM Teknik Elektro Universitas Atmajaya Hadirkan PLTS di Dusun Lekke Tana Toraja

Any Ramadhani-Tana Toraja, Toraja Utara-

TANA TORAJA, BACAPESAB.COM – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Elektro Universitas Atma Jaya Makassar yang beranggotakan Ir. Aries Kamolan, MT. (Ketua), Ir. Syahir Mahmud, MT. (anggota) dan Ir. Limbran Sampebatu, MA (anggota) melaksanakan kegiatan pengabdian yang didanai melalui Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek TA 2021 pada tanggal 18 – 21 Desember 2021, di Gereja St. Anna Lekke, Dusun Lekke, Kecamatan Simbuang, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Perjalanan ke lokasi membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5.5 jam dari kota Makale, ibu kota Kabupaten Tana Toraja karena kondisi jalanan yang medannya sangat berat. Perjalanan ke lokasi dimulai dari Makassar ke Kabupaten Tana Toraja dan dilanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bonggakaradeng. Dari kec Bonggakaradeng menuju lokasi pengabdian di Dusun Lekke Kecamatan Simbuang menggunakan kendaraan roda empat type 4WD.

Adapun alasan utama pemilihan Dusun Lekke sebagai lokasi pengabdian karena sampai saat ini suplai listrik dari PLN belum mencapai daerah ini. Pada saat ini masyarakat setempat mengunakan listrik yang disuplai oleh PLTMh yang berlokasi cukup jauh dari perkampungan dan lokasi gereja.

Lokasi PLTMh yang jauh menyebabkan keterbatasan pasokan listrik yang sampai pada konsumen di Barana’, baik dari segi daya maupun tegangan. Pada musim kemarau pasokan daya terkendala oleh ketersediaan air sedangkan pada saat musim hujan terkendala oleh sampah-sampah yang mengotori aliran sungai sehingga turbin air sering gagal dalam pelayanannya.

Baca Juga : Tak Tebang Pilih, SatLantas Polres Luwu Komitmen Tindak Mobil Melebihi Muatan
Penyambutan warga setempat terhadap kedatangan rombongan tim Pengabdian Prodi Teknik Elektro UAJM, para dosen Teknik Elektro sebagai narasumber dan beberapa mahasiswa sangat antusias, bahkan disambut langsung oleh Robertus Arruan sebagai Ketua Umat Gereja Katolik St. Anna Lekke.

Pada kesempatan tersebut dihadiri pula oleh Predit Paembonan sebagai Lurah Sima dan sekaligus Alummni Universitas Atma Jaya Makassar.

Ketua Umat Gereja Katolik St. Anna Lekke, Robertus Arruan dalam sambutannya sangat mengapresiasi inisiatif dan perhatian Tim Pengabdian dan warga kampus UAJM dan pemerintah melalui Kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek, yang begitu serius mencurahkan perhatiannya kepada jemaat dengan mengunjungi dusun mereka yang sangat jauh dan terpencil serta sulit dijangkau oleh transportasi umum.

Sedangkan Ir Aries Kamolan, MT sebagai ketua Tim Pengabdian dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang hangat, mau menjadi Mitra dalam kegiatan ini serta berharap peralatan PLTS yang sudah terpasang boleh dirawat dengan baik karena barang ini investasi dari negara.

Baca Juga : Pemprov Kucurkan Rp5,5 Miliar Untuk Anggaran Perbaikan Jalan di Bantaeng
Juga diharapkan bahwa warga antusias mengikuti penyuluhan dan pelatihan serta pemasangan secara permanen instalasi hybrid PLT Mikrohidro – PLT Solar Power sehingga masyarakat dapat juga memasang sendiri instalasi serupa dengan skala rumah tangga.

Pengabdian pada Masyakarkat dilakukan dalam bentuk pelatihan yang diberikan dalam 2(dua) sesi yaitu sesi pertama dalam bentuk pemberian materi berupa pelatihan yang berisi model dan gambar-gambar konstruksi.

Sesi kedua adalah merupakan suatu bentuk interaksi langsung antara tim pelaksana pengabdian dengan anggota jemaat dengan menggunakan solar power yang telah disiapkan sebagai alat peraga yang nantinya akan dipasang permanen.

Hasilnya sudah langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di gedung gereja untuk berkegiatan pada malam hari dan ibadah hari minggu baik untuk penerangan maupun untuk sound sistem dalam gereja.

Adapun luaran yang diharapkan dari Program pengabdian masyarakat ini adalah luaran berupa jurnal nasional, mahasiswa terlibat dapat terampil dalam pemasangan instalasi dan pengujian sistem hibrid PLTmH-PLTS, dan juga terbentuknya kelompok jemaat yang secara mandiri dapat memilih dan menyediakan sumber listrik berbasis panel surya beserta kelengkapan konstruksi dan instalasinya. (*)