oleh

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp5 Miliar Untuk Parpol

Any Ramadhani-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mengucurkan dana hibah bantuan keuangan kepada partai politik (Parpol) tahun 2022 senilai Rp 5 miliar.

Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asriadi Sudirman mengungkapkan, tahun depan bantuan dana partai politik dianggarkan sekitar Rp5 miliar.

“Itu kurang lebih Rp5 miliar, itu yang punya kursi di DPRD,” ungkapnya Selasa (28/12/2021).
Asriadi menjelaskan dana bantuan untuk parpol tersebut rutin diberikan dan jumlahnya berdasarkan suara yang diraih.

Lanjut Asriadi, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik. “Persuara itu. Komposisinya Rp1.000 ribu untuk DPR Pusat, Rp1.200 untuk provinsi, Rp1.500 untuk kabupaten/kota,” jelasnya.

Asriadi menambahkan, untuk pemerintah provinsi, pembagian anggaran terbanyak diberikan kepada partai politik menurut komposisi parlemennya.

“Pembagiannya kita melihat komposisi parlemennya, contohnya seperti Golkar, Ketua DPRD Sulsel berasal dari Partai Golkar, wakilnya berasal dari NasDem, PKS, dan Demokrat, itu yang mendapat anggaran terbanyak. Nah sebaliknya parpol yang sedikit mendapat anggaran seperti Hanura karena hanya mempunyai satu kursi,” terangnya.

Namun, untuk pengusulan kenaikan anggaran, Asriadi menyebut belum ada dan anggarannya masih sama dengan yang dianggarkan di tahun 2021.

“Sampai hari ini regulasinya belum berubah tetap Rp5 miliar. Bagi daerah yang sudah terlanjur menetapkan lebih besar dari regulasi itu tidak masalah. Jadi banyak daerah yang sudah terlanjur lebih tinggi dari yang di tentukan itu tetap berjalan. Yang pasti semua sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya. (*)