oleh

Pertamina DPPU Hasanuddin Sabet Penghargaan PROPER Emas

Any Ramadhani and Hikmah-Bisnis, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi berhasil meraih penghargaan tertinggi di Indonesia pada bidang ketaatan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Penghargaan tersebut berhasil diraih salah satu wilayah operasinya yakni Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin yang berada di Kabupaten Maros, Sulsel.

Dengan raihan tersebut, Pertamina Patra Niaga menjadi perusahaan pertama di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan tersebut, dan menjadi perusahaan kedua di Sulawesi setelah ‘saudara’ nya Pertamina Medco JOB Tomori di Sulawesi Tengah meraihnya pada tahun lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara reguler setiap tahunnya menggulirkan program pemeringkatan perusahaan (PROPER) berdasarkan kepatuhannya terhadap aspek lingkungan, tidak melakukan pencemaran bahkan mampu melakukan penghematan energi hingga memberikan manfaat serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar melalui program CSR nya.

Peringkat yang diraih mulai dari PROPER Hitam yang berarti suatu perusahaan dilabeli pencemar lingkungan kategori berat, dan terus naik tingkatan kepatuhan lingkungannya apabila ia meraih PROPER Merah (masih terdapat pencemaran) dan Biru (mematuhi semua aspek lingkungan).

Apabila Perusahaan melakukan CSR yang baik terhadap masyarakat sekitar ia berhak mendapatkan predikat PROPER Hijau dan apabila telah diraih selama 3 tahun berturut-turut tanpa putus perusahaan tersebut berhak dicalonkan sebagai kandidat PROPER Emas, Penghargaan tertinggi yang diberikan terhadap perusahaan yang tak hanya patuh terhadap lingkungan, namun melalui inovasi sosialnya mampu memberikan nilai tambah signifikan terhadap masyarakat.

Penilaian dilakukan secara independen oleh Dewan PROPER terdiri dari pakar yang mewakili beberapa unsur yakni Pers, Akademisi, Pemerhati Lingkungan Perempuan dan Anak, serta Kebijakan Publik dan Konsumen.

Penghargaan PROPER Emas Tahun 2021 hanya diberikan kepada 47 Perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah DPPU Hasanuddin yang merupakan perusahaan pertama di Sulawesi yang berhasil meraih penghargaan tertinggi tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dan diterima oleh Operation Head DPPU Hasanuddin Yudho Wibowo di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12).

Executive GM Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko mengatakan raihan tersebut sebagai bukti bahwa CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi tidak hanya sekedar charity_memberikan donasi atau bantuan kemudian selesai.

Lebih jauh kata dia, program yng pihaknya hadirkan lebih kearah inovasi sosial yang dilakukan melalui social mapping yang terukur, riset terhadap inovasi sosial yang mendapatkan afirmasi beberapa universitas dan balai teknologi serta hubungan baik dengan masyarakat sehingga menciptakan creating shared value (CSV).

“Ini sebagai pengakuan publik dan pemerintah bahwa CSR kami bukan kaleng-kaleng” ujar Agus.

Terpisah Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi kepada Pertamina DPPU Hasanuddin yang berhasil mencatat rekor sebagai perusahaan Pertama Peraih PROPER Emas di wilayahnya. Pihaknya melalui Badan Lingkungan Hidup & Kehutanan Provinsi senantiasa mendorong seluruh perusahaan untuk bisa seperti apa yang telah dilakukan Pertamina sehingga tercipta pembangunan yang berwawasan lingkungan.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada Pertamina DPPU Hasanuddin sebagai perusahaan peraih PROPER Emas pertama di Sulawesi Selatan, semoga raihan ini dapat mendorong kearah Sulsel lebih baik dan dapat ditiru oleh Perusahaan lain disini,” tandasnya. (*)