oleh

Sepanjang 2021, BNNP Sulsel Amankan Belasan Kilo Narkotika

Any Ramadhani-Hukum, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sulsel berhasil mengamankan belasan kilo dari berbagai macam jenis narkotika yang masuk di wilayah Sulsel sepanjang tahun 2021.

Dari data yang di rilis BNN Sulsel, tercatat narkotika jenis sabu sebanyak 14.366,23 gram, Ganja 3.343 gram dan Tembakau Sintentis sebanyak 3.100 gram.

Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya mengatakan, dari pengungkapan ini ada sekitar 20 orang pelaku yang berhasil ditangkap.

“20 orang pelaku yang sudah ditetapkan tersangka. Pria sebanyak 19 orang tersangka dan wanita sebanyak satu tersangka,” ujar Brigjen Pol Ghiri saat melaksanakan pres release ungkap kasus dan pencapaian kinerja BNNP Sulsel selama Januari hingga Desember, di Jalan Manunggal, Kecamatan Tamalate, Makassar ,Selasa (28/12/2021).

Untuk jumlah penyalahgunaan yang direhab mencapai 943 orang data 10 Desember 2021. Meningkat dibandingkan tahun 2020 lalu yang hanya mencapai 816 orang.

Sedangkan jumlah yang menjalani assessment terpadu sebanyak 402 orang data 9 Desember 2021. Angkanya lebih tinggi dibanding tahun 2020 yang mencapai 373 orang.

Selain itu, Ghiri meminta masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba untuk segera melapor. Ia menekankan masyarakat tidak tersebut tidak dipidana.

“Jika ada pengguna narkoba, bukan pengedar, kurir, atau bandar, tetapi ditangkap oleh aparat bisa rehabilitasi dengan proses asesmen terpadu,” ungkapnya.

Bagi masyarakat malu dan takut korban penyalahgunaan narkoba silakan hubungi kontak 081241080030.
Kedepan, untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba, BNNP Sulsel sudah melakukan banyak kerjasama dengan instansi pemerintahan.

“Kita juga melakukan pencegahan dengan membentuk relawan fungsinya edukasi ke masyarakat dengan melakukan penyuluhan dengan bimbingan BNNP ataupun Kesbangpol,” sebutnya.

Kepala Bagian Umum BNN Sulsel, Sudarianto menyampaikan, dari jumlah laporan yang ditangani BNN Sulsel sepanjang tahun 2021 ada sebanyak 14 kasus atau LKN (Laporan Kasus Narkotika).

Termasuk kata dia, target berkas perkara yang ditangani BNN Sulsel sebanyak 15 berkas, sedangkan capaian perkara narkotika sebanyak 20 berkas.

“Kemudian yang dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) jumlahnya ada 18 berkas dan proses sidik ada 3 berkas. Untuk asesmen terpadu ada 420 tersangka dan vonis rehabilitasi ada 62 orang,” terangnya.

Bukan hanya itu, BNN Sulsel juga disebut aktif melakukan langkah-langkah sosialisasi pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika, baik di kalangan pelajar maupun di kalangan aparatur sipil negara.

Dimana dalam pencegahan yang dimulai dari bulan Januari sampai dengan Desember 2021, BNN Sulsel telah melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui tatap muka kepada 5429 orang.

“Bukti nyata dari sinergitas antara Aparat Penegak Hukum (APH) yang selama ini bekerja sama dengan Polda Sulsel, Bea Cukai Sulsel dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam rangka menekan supply reduction,” kuncinya. (*)