oleh

Proses Lelang Jabatan Pejabat Tinggi Pratama Masuk Tahap Uji Kompetensi

Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Proses lelang jabatan untuk pejabat pimpinan tinggi pratama (PTP) masuk dalam tahapan uji kompetensi. Proses ini pun berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Rabu (29/12/2019).

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Agus Harahap mengatakan uji kompetensi ini merupakan salah satu tahapan seleksi dari lelang jabatan ini.

“Hari ini ada 8 orang yang ikut Uji kompetensi lelang jabatan PTP. Mereka ini adalah yang lulus tahap sebelumnya yaitu pemberkasan dan assessment,” ujarnya.

Lanjutnya, uji kompetensi ini melibatkan 5 penguji terdiri beberapa professor dan doktor dari perguruan tinggi serta perwakilan dari pejabat internal, yaitu Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa, Muh Basir.

“Jadi 5 penguji ini nanti ada penilaian-penilaian yang akan dikeluarkan dan akan dirangkum bersama nilai assessment, setelah itu barulah kita masuk ketahap pengumuman siapa saja yang memenuhi syarat yang masuk ketahap 3 besar,” jelasnya.

Nantinya kata Agus Harahap, 3 besar ini akan diteruskan kembali ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dibuatkan rekomendasi yang kemudian akan dikembalikan ke kepala daerah setempat untuk dipilih. Kemudian, satu diantaranya untuk dikukuhkan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Dirinya menyebutkan ada 3 jabatan Pimpinan Tinggi Pertama yang akan diisi, yaitu Kepala Dinas Sosial, Sekretaris Daerah Perwakilan Rakyat Daerah DPRD dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa.

“Sebenarnya kita buka lelang lima PTP yang lowong. Tetapi hanya 3 yang bersyarat, 2 tidak bersyarat karena jumlah kompetitor yang lulus bersyarat di dalamnya tidak mencukupi yaitu tidak cukup tiga orang. Yang tidak bersyarat itu Direktur RSUD Syekh Yusuf dan Dinas Kesehatan,” tambahnya. (*)