oleh

Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-199

JEPANG, BACAPESAN.COM – Wanita asal jepang, Kane Tanaka merupakan orang tertua di dunia saat ini, ia telah merayakan ulang tahunnya yang ke 119 dan mengatakan dia bertekad untuk mencapai 120 tahun.

Berita nasional mengabarkan, Tanaka menghabiskan hari ulang tahunnya di tempat tinggalnya di Daerah Higashi, Fukuoka. Tanaka dilaporkan kerap kali memainkan permainan puzzle angka untuk menjaga pikirannya tetap tajam dan berinteraksi dengan staf fasilitas melalui gerakan.

Lahir pada 2 Januari 1903, Tanaka telah hidup melalui era Meiji, Taisho, Showa, Heisei dan Reiwa di Jepang. Keluarganya mengatakan bahwa dia bertekad untuk hidup satu tahun lagi dan mencapai usia 120 tahun.

Pada tahun 2019, Guinness Book of World Records mengakui Tanaka sebagai orang tertua di dunia ketika dia berusia 116 tahun. Dia juga memecahkan rekor orang Jepang tertua pada usia 117 tahun dan 261 hari.

Tanaka, anak ketujuh dari sembilan bersaudara, menikahi Hideo Tanaka empat hari setelah ulang tahunnya yang ke-19 pada tahun 1922. Bersama-sama mereka memiliki empat anak dan mengadopsi anak kelima.

Ketika suami dan putra sulungnya pergi berperang dalam Perang Tiongkok-Jepang Kedua, Tanaka menjalankan toko mie untuk menghidupi keluarganya.

Dia telah menjalani beberapa operasi untuk mengobati katarak dan kanker kolorektal.

Di Jepang, harapan hidup untuk wanita adalah sekitar 88 tahun, dan sekitar 82 untuk pria. (*)