oleh

LTMPT Tunda Jadwal Registrasi Akun untuk Siswa Hingga 10 Januari, Loh Kenapa?

admin 1-Pendidikan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunda registrasi akun LTMPT siswa untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 hingga 10 Januari 2022.

Semula, registrasi akun untuk siswa dijadwalkan pada 4 Januari 2022. Namun registrasi akun LTMPT tersebut baru bisa dilakukan oleh sekolah.

“Registrasi akun LTMPT sekolah dimulai pada 10 Januari,” kata Ketua Umum LTMPT Mochamad Ashari dalam konfrensi pers, Selasa (4/1/2022).

“Untuk batas akhir registrasi akun LTMPT baik sekolah atau siswa dijadwalkan sampai 15 Februari 2022,” sambungnya.

Adapun alasan registrasi akun sekolah dan siswa tidak dimulai pada waktu yang bersamaan, kata Ashari, pihaknya khawatir jika dibuka bersamaan, maka laman web LTMPT akan mengalami penurunan atau down server.

“Kalau dibuka bersamaan bisa sampai 2,4 juta yang akses, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu, baru siswa buat akun,” jelasnya.

Ashari menambahkan, setelah pembuatan akun, proses SNMPTN dilanjutkan dengan penetapan siswa eligible pada 4 Januari sampai 8 Februari 2022. Kemudian, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) berlangsung pada 8 Januari hingga 8 Februari 2022.

“Kuota siswa eligible setiap sekolah dipengaruhi oleh akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa kelas 12 terbaiknya berdasarkan jurusan, baik itu dari jurusan IPA, IPS, Bahasa maupun siswa yang berasal dari SMK,” tuturnya.

“Untuk sekolah akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya. Sekolah akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya,” pungkasnya.

Dapat disampaikan, Pendaftaran SNMPTN sendiri berlangsung pada tanggal 14 sampai 28 Februari 2022. Saat pendaftaran siswa dapat memilih dua program studi paling banyak dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (fin/*)