oleh

Pemkab Gowa Gandeng Berbagai Pihak Tingkatkan Cakupan Vaksinasi

Any Ramadhani-Gowa-

 

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan peningkatan cakupan vaksinasi, salah satunya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti PT Trakindo Utama Cabang Makassar, TNI Bais, dan Loket di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Jumat (7/1).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan usai melakukan peninjauan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni dan Pj Sekda Gowa, Kamsina mengatakan saat ini posisi Kabupaten Gowa telah mencapai 72 persen dosis pertama sehingga pihaknya menggenjot vaksinasi dosis kedua yang ditargetkan Maret nanti mencapai 100 persen.

“Hari ini kita melakukan kerjasama dengan Trakindo, TNI Bais dan Loket untuk percepatan vaksinasi. Alhamdulillah Gowa sudah mencapai target diatas 70 persen untuk dosis pertama dan sekarang kita melakukan percepatan dosis kedua karena sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat harus mencapai 100 persen pada Maret,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Gowa itu mengaku, untuk mencapai target dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi seluruh pihak sehingga vaksinasi yang dilakukan saat ini merupakan bukti kerjasama yang dilakukannya dalam mencapai target yang telah ditentukan.

“Salah satu kolaborasi yang kita lakukan adalah dengan Trakindo, TNI Bais dan Loket. Semoga pada Maret khususnya dosis kedua bisa mencapai target,” jelas Adnan.

Sementara Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengungkapkan pihaknya bersama Trakindo menyiapkan 1.500 dosis untu dosis kedua namun tetap melayani masyarakt yang baru ingin melakukan vaksinasi dosis pertama.

“Kegiatan ini ditargetkan dosis dua sebanyak 1.500 orang tetapi kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang belum vaksin pertama,” ungkapnya.

Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat, Dinas Kesehatan menyiapkan berbagai jenis vaksin mulai dari sinovac, pfizer, astrazeneca, dan moderna serta menurunkan total 10 tim vaksinator baik dari TNI maupun Dinkes. Hal ini dilakukan kata Taufik untuk meningkatkan cakupan vaksinasi sesuai target yang diharapkan.

“Trakindo menyiapkan sinovac sementara kami dari Dinkes membackup pfizer, moderna, dan astrazeneca agar kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi. Untuk tim Kesehatan, Trakindo bersama TNI Bais menurunkan 8 tim, kami membackup 2 tim sehingga total 10 tim,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang PT. Trakindo Utama Cabang Makassar, Adventus Pitua Siagian mengatakan ini menjadi program dari PT. Trakindo Utama dimana selain fokus bekerja di bidang alat berat juga fokus dalam mendukung program pemerintah seperti penanganan Covid-19 melalui vaksinasi.

“Kita ketahui Covid-19 belum selesai, jadi kami memberikan program pemberian vaksin untuk mendukung seluruh masyarakat. Kenapa Sulsel karena program kami memang lebih ke arah timur dan sebagai salah satu itikad baik kami sehingga kedepannya Covid-19 bisa segera berakhir,” ujarnya.

Selain di Gowa, PT Trakindo Utama juga telah melakukan sentra vaksin di Makassar dan Sorong sebagai bentuk menyerahkan CSR dan membantu pemerintah dalam melawan Covid-19. (*)