oleh

Usai MoU, Rektor Majdah Ajak UTM Kolaborasi Cerdaskan Anak Bangsa

Armansyah-Berita, Edukasi, Kampus-

MADURA, BACAPESAN.COM – Rombongan Universitas Islam Makassar (UIM) melakukan kunjungan kerja ke Madura. Agenda ini dipimpin langsung UIM Andi Majdah M Zain M.

Momentum Awal tahun 2022 di manfaatkan betul untuk kerjasama mendukung program Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim terkait kampus merdeka belajar.

Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Muh Syarif memberikan apresiasi atas kunjungan civitas akademika UIM. Kata dia, pihaknya fokus pada madu dan garam.

Ia bercerita, UTM perguruan tinggi negeri yang terletak di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. UTM dahulu merupakan universitas swasta yang resmi menjadi perguruan tinggi negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001.

Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Universitas Trunojoyo Madura merupakan perguruan tinggi negeri ke-7 di Jawa Timur.

Di mana gedung UTM dibangun di atas lahan seluas 28,5 hektare, yang terletak lima kilometer dari Pelabuhan Kamal Madura dan 15 km dari Bangkalan.

“Jadi, lokasi Universitas Trunojoyo Madura akan berada dalam lingkungan pusat pengembangan Bangkalan sebagai perluasan Kota Surabaya dalam satuan wilayah pengembangan Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan,” ungkap Syarif.

Terpisah, Rektor UIM, Andi Majdah M Zain mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa Rektor Muh Syarif bersama jajaran UTM. Kata dia, era saat ini merupakan era kolaborasi dan maju bersama. Tidak berlaku lagi istilah saling mengalahkan.

“Tapi bagaimana bisa sama-sama berkolaborasi untuk kontribusi bagi kecerdasan anak bangsa,” jelas Majdah.

Menurut Majdah, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UTM dan UIM termasuk Fakultas Pertanian UTM menjadi bentuk kerjasama yang modern dalam dunia pendidikan. Khususnya bidang pertanian jagung merumuskan konsep kampus merdeka.

MoU kedua kampus yakni terkait sinergi dalam tridarma perguruan tinggi. Itu, juga bentuk kolaborasi merdeka belajar-kampus merdeka.

Pada kesempatan itu, Rektor UIM Andi Majdah didampingi Wakil Rektor I Prof. M. Arfin Hamid, Wakil Rektor III Nurdin, Wakil Rektor IV Ruslan, Kepala Biro Adm Umum dan Keuangan Mudalipa, Ketua Lembaga Islam Aswaja Masykur Yusuf, Wakil Dekan III Teknik Rizal Syarifuddin, Ketua Pusat Studi Jagung Dan Serealia Muh.Yasin, Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Wachyudi Muchsin. (*)