Mahasiswa Perbankan Syariah IAI DDI Polman Ikuti Bimtek Penulisan Skripsi

  • Bagikan

POLMAN, BACAPESAN.COM – Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam membuat karya ilmiah yang orisinil bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar terus dilakukan.

Upaya ini dimaksudkan agar dalam proses penulisan dan karya skripsi yang dihasilkan, makin baik dan terbebas dari plagiasi.

Dalam rangka itu, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAI DDI Polewali Mandar, menggelar kegiatan “Bimbingan Teknis Penulisan Proposal Penelitian (Skripsi S1)” bagi mahasiswa yang dilaksanakan di Kampus IAI DDI Polewali Mandar, Jalan Gatot Subroto, Madatte, Selasa-Rabu, 11-12 Januari 2022.

Kegiatan yang dibuka secara resmi Rektor IAI DDI Polewali Mandar, DR H Anwar Sewang, M.Ag, Selasa (11/1/2022) pagi, menghadirkan pemateri Murniati dan diikuti dengan antusias sebanyak 52 peserta mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI DDI Polman.

“Selaku Rektor, saya berharap agar mahasiswa yang telah mengikuti bimtek ini, mampu membuat skripsi yang sesuai dengan kebutuhan ke depan. Yang kedua, kemampuan membuat (skripsi, red), Itu diharapkan mampu dibuat oleh mahasiswa itu sendiri. Bukan karena dibuatkan, menyalin, apalagi meng-copy paste skripsi yang telah ada. Lebih baik, pemberdayaan pembimbing bekerja sama mahasiswa yang telah ada,” ujarnya.

Senada, Wakil Rektor I IAI DDI Polman, Dr H Basri Mahmud, Lc, M.Th.i yang juga hadir mengakui, sudah saatnya setiap program studi yang ada di kampus untuk mendorong dan bisa senantiasa melaksanakan kegiatan bimtek penulisan akademik atau kegiatan lainnya yang serupa, mengingat kemampuan mahasiswa di bidang penelitian selama ini.

“Mestinya memang setia prodi melakukan kegiatan Academic Writing atau sama dengan itu, karena melihat keadaan, kondisi mahasiswa kita yang masih yang belum ahli di bidang penelitian,” jelasnya.

Dirinya berharap, mahasiswa yang sekarang ini dapat setingkat atau sama dengan mahasiswa di tempat lain yang karyanya itu bisa dimuat dalam jurnal-jurnal yang sudah bersinta.

“Mahasiswa kita, ada yang (tulisannya, red) sudah di muat di jurnal Sinta, tetapi nanti sudah lulus. Kalau di tempat lain itu, bahkan ada yang lulus tanpa skripsi karena beberapa tulisannya sudah dimuat di Sinta 2. Nah itu harapan kita. Jadi mudah-mudahan, artinya beberapa kegiatan termasuk academic writing yang dilakukan ini, khususnya di Prodi Perbankan Syariah bisa mengerucut ke sana, terutama generasi yang berikutnya, tulisannya itu tidak hanya di skripsi, tapi bisa masuk di Sinta atau prosiding-lah, atau bisa call paper juga,” ujar Basri Mahmud.

Ketua Prodi Perbankan Syariah FEBI IAI DDI Polman, Rini mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai cara membiasakan mahasiswa membuat karya ilmiah yang berkualitas. Salah satu upaya tersebut yaitu bimtek penulisan skripsi seperti yang berlangsung sekarang ini.

“Kami berharap dengan bimtek seperti ini dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa, terutama membekali mahasiswa dalam menyusun proposal skripsi serta untuk meminimalisir praktik plagiasi”, ujar Rini. (*)

  • Bagikan