Tonga: Pesawat Bantuan Asing Pertama dari Selandia Baru Tiba

  • Bagikan

TONGA, BACAPESAN.COM – Pesawat bantuan asing pertama telah tiba di Tonga, membawa air dan pasokan yang sangat dibutuhkan untuk negara Pasifik itu.

Selandia Baru mengatakan pesawat militernya mendarat di bandara utama Tonga setelah para pekerja membersihkan abu dari landasan.

Pesawat dan kapal lain yang dikirim oleh Selandia Baru dan Australia sedang dalam perjalanan.

Letusan gunung berapi bawah laut hari Sabtu dan gelombang tsunami melihat abu vulkanik menyelimuti pulau-pulau, menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Abu dan air laut telah mencemari persediaan air.

Setidaknya tiga orang telah meninggal dan komunikasi telah lumpuh, dan Tonga baru saja mulai membangun kembali kontak global setelah lima hari terputus dari seluruh dunia.

Lapisan abu tebal menutupi landasan pacu bandara di ibu kota Nuku’alofa, memghalangi pesawat untuk mendarat.

Selama berhari-hari tim penyelamat dan ratusan sukarelawan bekerja mati-matian untuk membersihkan landasan menggunakan gerobak dorong dan sekop, oleh komandan pasukan gabungan Selandia Baru Laksamana Muda Jim Gilmour disebut sebagai “upaya raksasa”.

Dia mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa pesawat C-130 Hercules mereka mendarat di Tonga tepat setelah pukul 16:00 waktu setempat (03:00 GMT). Itu penuh dengan wadah air, kit tempat tinggal sementara, generator listrik, peralatan kebersihan dan peralatan komunikasi.

Australia mengatakan yang pertama dari dua pesawat Boeing C-17 Globemaster yang tiba pada hari Kamis yang membawa pasokan juga memiliki perangkat “penyapu” untuk membantu menjaga landasan tetap bersih.

Baik otoritas Australia dan Selandia Baru telah mengkonfirmasi bahwa penyerahan itu akan tanpa kontak, untuk mencegah risiko penyebaran Covid ke pulau yang sejauh ini hanya melihat satu kasus virus dalam pandemi.

“Pesawat diperkirakan akan berada di darat hingga 90 menit sebelum kembali ke Selandia Baru,” kata Menteri Pertahanan Selandia Baru Peeni Henare.

Laksamana Muda Gilmour mengatakan protokol Covid tanpa kontak “dipatuhi dengan ketat”, menambahkan bahwa prosedur bantuan akan mencakup memastikan awak pesawat tidak akan melakukan kontak dengan siapa pun di darat, dan bahwa setiap orang akan mengenakan alat pelindung diri (APD). .

Australia juga mengatakan tidak ada personel yang akan turun dari pesawat mereka. (bbc/*)

  • Bagikan