Wajib Tahu! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Penyakit Diabetes

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Banyak yang belum menyadari, kebiasaan makan ternyata sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Salah satu penyakit yang paling sering terjadi akibat kebiasaan makan yang salah yaitu diabetes.

Diabetes biasanya terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Pemicu penyakit diabetes biasanya adalah karena seseorang dominan mengkonsumsi makanan manis. Namun demikian, ada hal lain yang berupa kebiasaan dan membuat kondisi itu memicu penyakit diabetes.

Berikut rangkuman kebiasaan makan yang ternyata bisa memicu penyakit diabetes

  1. Makan di Waktu Larut Malam

Sebagian orang mungkin menghindari makan terlalu malam karena diet. Beberapa orang juga tidak menyadari bahwa makan terlalu malam bisa menyebabkan diabetes.
Makan terlalu malam dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat lebih dari biasanya di pagi hari. Kadar glukosa bahkan bisa melebihi 80-130 mg atau melebihi ambang batas normal.
.Jika kebetulan anda memang terlalu lapar dan harus memakan sesuatu, usahakan makan dengan porsi kecil saja dan menghindari makanan yang banyak mengandung glukosa.
Alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi buah-buahan sebagai pengganjal rasa lapar dan baru makan secara normal pada esok hari.

  1. Terlalu Sering Ngemil Panganan berbahan Dasar Terigu

Aneka camilan berbahan dasar tepung terigu seperti roti tawar, pasta, biskuit, tempe mendoan, cilok hingga empek-empek, ternyata bisa meningkatkan resistensi insulin. Kandungan gula pada makanan-makanan itu disebut sangat tinggi dan tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi.

  1. Tidak Sarapan

Dikutip dari The Journal of Nutrition yang diterbitkan pada tahun 2019, sering melewatkan sarapan di pagi hari juga bisa menjadi penyebab penyakit diabetes.
Dikutip dari laman Diabetes Self-Management kebiasaan sarapan bisa menjaga kadar gula normal. Wanita yang melewatkan sarapan memiliki kadar insulin dan gula darah yang lebih tinggi usai makan siang.
Sarapan membantu membuat gula darah lebih stabil, baik itu pada pengidap diabetes ataupun bukan pengidap diabetes.

  1. Tidur Setelah Makan

Kebiasaan tidur setelah makan, disebut juga menjadi pemicu seseorang menderita diabetes mellitus. Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan penumpukan lemak.
Dari penumpukan lemak inilah lama kelamaan akan jadi resistensi insulin yang kemudian menjadi pemicu diabetes. Perlu diketahui, pada saat tidur tubuh akan memproduksi gula.
Maka itu, disarankan memberikan jeda waktu setelah makan dengan aktivitas tertentu, untuk menghindari tubuh memproduksi gula berlebihan yang bisa memicu diabetes mellitus.

Nah, sudah paham kan sekarang. Yuk kita ubah kebiasan buruk agar hidup menjadi lebih sehat. (fin/*)

  • Bagikan