Gandeng KI Sulsel dan PWYP, YASMIB Gelar Diskusi Terkait Keterbukaan Informasi

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – YASMIB Sulawesi bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan yang didukung oleh Publish What You Pay (PWYP) Indonesia,akan melaksanakan Diskusi Awal Tahun.

Dalam diskusi tersebut dibahas terkait ‘Keterbukaan Informasi di Sektor Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam di Sulawesi Selatan’.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber Pahir Halim, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, A.Hasbi Nur, Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan dan Aryanto Nugroho, Koordinator Publish What You Pay (PWYP) Inndonesia.

Direktur Yasmib, Rosniati mengungkapkan pentingnya keterbukaan Informasi. Hal tersebut untuk mendorong terciptanya transparansi dalam pelaksanaan tata pemerintahan yang baik (good governance).

“Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia, dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik” ujar Rosniati.

“Keterbukaan informasi publik juga merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Begitupun di sektor lingkungan hidup dan sumber daya alam, partisipasi public sangat penting dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” sambungnya.

Rosniati berharap melalui diskusi terbatas ini diharapkan ada komunikasi dua arah sebagai wadah untuk membahas permasalahan yang ada khususnya sektor lingkungan hidup. (*)

  • Bagikan